Ambon, 2/1 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menyalurkan 1.800 bibit ikan kerapu "cantik" ke Negeri (Desa) Haria untuk dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Kaur Pembangunan Desa Haria, Lukas Hattu yang menerima langsung bantuan bibit ikan tersebut mengungkapkan kegembiraannya atas perhatian dan kepedulian yang diberikan kepada masyarakat negeri di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah tersebut, demikian siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara di Ambon, Senin.

Menurut Lukas, bantuan itu merupakan yang pertama kali diperoleh dan memang sangat diharapkan oleh masyarakat negeri Haria.

Siaran pers itu menyebutkan, bantuan bibit ikan sudah disalurkan ke beberapa desa/negeri, dan sejauh ini jumlah keseluruhannya mencapai 40.000 ekor. Bantuan diberikan kepada kelompok-kelompok nelayan.

Selain Haria, desa yang juga menerima bantuan bibit ikan kerapu adalah Mamala dan Morella di Kecamatan Lehitu, dan Hulaliu di Pulau Haruku.

Kegiatan itu sendiri merupakan salah satu agenda kerja Program Emas Biru yang terus digulirkan Kodam XVI/Pattimura guna membantu program Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka peberdayaan masyarakat lokal melalui budidaya hasil laut terutama ikan.

Disebutkan pula, Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta dalam pengadaan bibit ikan yang didatangkan dari Situbondo, Jawa Timur, Bali, dan Balai Benih Waiheru, Ambon.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dalam kunjungan kerja ke Ambon tanggal 15,16 dan 17 Desember 2016, berkesempatan melihat langsung dan mendukung program Emas Biru tersebut.

Selain Emas Biru, Kodam XVI/Pattimura juga melancarkan program Emas Hijau (pemberdayaan potensi tanaman ekonomis) dan program Emas Putih (perdamaian). 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017