Ternate, 20/1 (Antara Maluku) - Survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI Network) mengunggulkan pasangan Benny Laos-Asrun Padoma (Balap) di atas 50 persen pada pilkada Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut).

"Jika pilkada dilakukan di saat survei dilakukan Januari 2016, maka pasangan Benny Laos-Asrun Padoma (Balap) memperoleh dukungan sebesar 51,2 persen," kata Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, Adjie Alfaraby, di Ternate, Jumat.

Kemudian disusul pasangan Ali Sangaji-Yulce Makassarat (Ali Yuk) dengan dukungan 25,0 persen dan pasangan Ramli Yaman-Adjan Djaguna (Radja) dengan dukungan 14,5 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 9,3 persen.

Untuk itu menurut Adjie, dengan sisa waktu 30 hari lagi, jika tidak ada masalah politik yang dibuat pasangan Benny Laos-Asrun Padoma, maka pasangan tersebut berpeluang besar memenangi Pilkada Morotai pada 15 Februari 2017 nanti.

Dia mengatakan, survei ini dilakukan tanggal 9-15 Januari 2017 dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan wawancara tatap muka (kuesioner) terhadap 1000 responden di seluruh kecamatan di Kabupaten Morotai.

Responden terpilih adalah mereka yang usianya diatas 17 tahun atau sudah pernah menikah (punya hak pilih), untuk Margin of error survei ini adalah 3,2 persen.

Menurutnya, mengapa LSI Network berani menyatakan pasangan Balap berpotensi menang, karena ada dua alasan yakni pasangan Balap punya tren kenaikan elektabilitas, sehingga alam memprediksi peluang setiap kandidat, tren elektabilitas merupakan variabel penting,karena asangan Balap punya tren kenaikan dari survei Desember 2016 ke Januari 2017.

"Tren kenaikan seorang kandidat mengindikasikan bahwa kandidat tersebut minim resistensi dan lebih berpeluang merebut pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters)," ujarnya.

Sedangkan, untuk selisih elektabilitas antar kandidat dengan elektablitas pasangan Balap sebesar 51,2 persen dan pasangan Ali Yuk sebesar 25 persen, maka selisih elektabilitas keduanya mencapai 26 persen.

"Pada survei sebelumnya selisih antara pasangan Balap dengan pasangan Ali Yuk sebesar 20,8 persen, selisih elektabilitas pasangan Balap dengan pasangan Radja saat ini Januari 2017 sebesar 36,7 persen," ujarnya.

Bahkan, pada survei sebelumnya, selisih elektabilitas antara pasangan Balap dengan pasangan Radja sebesar 37,6 persen dan angka dukungan terhadap Radja saat ini, justru jauh di bawah nilai defisit elektabilitas mereka terhadap pasangan Balap.

"Jika data survei dibreakdown, pasangan Balap menang di semua segmen pemilih. Baik pemilih laki-laki maupun perempuan, pemilih berpendidikan rendah maupun berpendidikan tinggi, pemilih ekonomi bawah maupun tinggi, semua segmen suku dan di semua kecamatan di Pulau Morotai," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017