Ambon, 24/1 (Antara) - Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat menyelenggarakan konsultasi psikologi bagi pemuda-pemudi yang berminat mengabdikan diri menjadi prajurit.

"Kegiatan konsultasi psikologi ini akan berlangsung selama empat hari di Markas Komando Bela Negara Rindam XVI/Pattimura, dibuka hari ini," kata Aspers Kasdam Kolonel Inf. Arief Gajah Mada di Ambon, Selasa.

Ia mengungkapkan, peserta yang mengikuti konsultasi psikologi itu berjumlah 139 orang, terbagi dalam kelompok yang berminat mendaftar Calon Taruna sebanyak 10 orang, Pa PK sarjana satu orang, Calon Bintara 30 orang, dan Calon Tamtama 98 orang.

Para peserta itu bukan berasal dari keluarga besar TNI saja tetapi juga pemuda-pemudi dari masyarakat umum, bahkan ada yang berasal dari luar pulau Ambon.

Peserta yang berasal dari luar pulau Ambon disiapkan penginapan dan akomodasi di barak Mako Bela Negara Rindam XVI/Pattimura.

Biaya konsultasi relatif murah dan merupakan biaya pengadaan alat tulis dan fotocopy materi soal-soal.

Program konsultasi psikologi bagi calon prajurit tersebut baru pertama kali dilakukan dan merupakan upaya Kodam XVI/Pattimura menyiapkan bekal para pemuda-pemudi untuk lebih siap dalam mengikuti seleksi masuk prajurit TNI, khususnya materi tes psikologi.

Tim Konsultan dari Dispsiad diketuai oleh Kolonel (K) Caj Rokhmi dan empat orang anggota.

Karena peserta cukup banyak, kegiatan dibagi menjadi beberapa kelas.

Materi awal konsultasi berupa pengambilan data peserta secara tertulis, dilanjutkan dengan wawancara secara mendalam untuk diketahui hasilnya.

Peserta yang hasilnya kurang baik akan diarahkan dan dilatih untuk memperbaikinya dengan berbagai cara dan metode.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu pemuda dan pemudi Maluku dalam meraih cita-cita menjadi prajurit TNI," kata Kolonel Arief.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017