Ambon, 2/2 (Antara Maluku) - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Provinsi Maluku bekerjasama dengan PMI Kota Ambon, Rabu, menggelar aksi donor darah, yang diikuti oleh  para wartawan lokal, karyawan perbankan, PNS, TNI, dan Polri.

Ketua PWI Maluku Fredom Toumahuw yang juga panitia daerah HPN mengatakan, kegiatan donor darah dalam rangka HPN 9 Februari 2017, diselengggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan wartawan dan komponen masyarakat lain, di daerah ini.  

"Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial wartawan dan komponen masyarakat lainnya terhadap sesama. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan," kata Fredjon.

Plh Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Ambon, dr Johan Norimarna yang juga  panitia bidang kesehatan mengungkapkan, pihkanya telah melakukan pengambilan darah  sebanyak 73 kantong berisi 250 cc-500 cc sesuai berat badan, dari target 200 pendonor.

"Target kita 200 pendonor, memang banyak yang mendaftar tetapi setelah ditensi darahnya, ada calon pendonor kondisi tubuhnya  tidak siap, sehingga hanya terkumpul 73 kantong darah dari 100 orang lebih yang mendaftar," kata dr Johan.

Menurut dia, puluhan kantong darah tersebut akan di blood screenning (pemeriksaan uji saring darah), karena ada empat penyakit menular yang berbahaya  yakni  penyakit syphilis, hepatitis B dan C dan HIV/AIDS.

"Empat penyakit menular berbahaya tersebut, perlu diperhatikan karena bisa menjangkit ke orang lain, apabila tidak diperiksa secara baik," kata dr Johan.

Pada aksi donor itu, panitia juga menyediakan hidangan ringan bagi para pendonor berupa susu, telor dan bubur kacang hijo.      

Lebih lanjut Fredom Toumahuw mengatakan panitia daerah sudah siap untuk menyukseskan kegiatan HPN di Ambon, pada 9 Februari 2017. Karena ketika Maluku ditunjuk sebagai tuan rumah, sejak saat itu juga pemerintah daerah bersama-sama dengan komponen pers di Maluku menyatakan kesiapan.

"PWI pusat yakin Maluku bisa menjadi tuan rumah. Karena itu kita diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan  HPN di Ambon, dan proses-proses persiapan telah dilakukan oleh panitia daerah yang bekerjasama dengan panitia HPN pusat," ujarnya.

Ia menjelaskan rangkaian kegiatan HPN di pusat sudah dilakukan sejak Januari 2017, dan di daerah baru dimulai pada har ini, 1 Februari sampai puncaknya 9 Februari 2017.  
"Rangkaian kegiatan HPN di daerah yang dimulai dengan kegiatan sambung rasa dan kegiatan bakti sosial donor darah hari ini. Keterlibatan semua komponen pers bersama-sama dengan pemerintah daerah dapat menyuksekan kegiatan nasional ini," harapnya.

Menurut dia, sejumlah kegiatan yang diagendakan dalam  HPN ini, semuanya untuk kepentingan masyarakat di daerah ini, karena itu keterlibatan pemerintah daerah sangat positif untuk bersama-sama dalam penyelenggaraannya.

"Kegiatan HPN memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Maluku. Apalagi beberapa kementerian sudah menyatakan kesiapan dan dukungan dalam bentuk bantuan, diantaranya Kementerian Perhubungan dan  Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Fredjon.

Suksesnya kegiatan HPN, lanjutnya, tidak hanya dinilai dari meriahnya pelaksanaan, tetapi bagaimana HPN ini memberikan kontribusi positif bagi kepentingan pembangunan di Maluku.

"Kita berharap dengan momen HPN, kita sebagai masyarakat pers terus mendorong dan mambangun pandangan masyarakat terhadap kekayaan di daerah ini. Apalagi orientasi kita membangun Maluku mulai dari laut, karena sebagian besar wilayah kita adalah laut," ujarnya.

Selain bangun Maluku dari laut, potensi yang bisa dijual adalah potensi-potensi pariwisata, karena memiliki daya tarik yang cukup memikat wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Teman-teman wartawan diharapkan bisa menjual potensi-potensi pariwisata yang ada di Maluku melalui pemberitaan-pemberitaan. Saya kira potensi pariwisata kita sangat luar biasa, tetapi kurang dipublikasikan," kata Fredom.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017