Ambon, 28/2 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Vlissingen Belanda fokus melakukan kerja sama di bidang kesehatan dengan memberikan pelatihan kepada perawat di Puskesmas.

"Tahun 2017 kami fokus untuk melakukan kerja sama dengan Puskesmas di Ambon dalam bentuk pelatihan kepada para perawat untuk menangani balita yang mengalami gangguan kesehatan," kata Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, Selasa.

Ia menjelaskan, kerja sama kota kembar telah terjalin sejak 2006 difokuskan pada penanganan sampah,kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan.

Selama ini banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Vlissingen kepada Ambon diantaranya bidang kesehatan yakni pembangunan klinik mata Vlissingen Ambon (VA) di desa Passo, operasi katarak, operasi urologi dan operasi bedah plastik.

"Kita sangat bersyukur karena setiap tahun pemerintah Vlissingen melaksanakan operasi baik urologi, bedah plastik dan katarak bagi warga kota Ambon dan dilakukan secara gratis," katanya.

Anthony menyatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan persaudaraan Ambon yang telah terjalin selama ini.

Perkembangan kota Ambon mengalami peningkatan yang semakin baik setiap tahun. Perkembangan tersebut tidak hanya di bidang pembangunan dan ekonomi, tetapi bidang lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan.

"Hal ini terbukti dari kerja sama pembangunan klinik mata Ambon - Vlisingen mengalami kemajuan yang pesat, selain itu di bidang pendidikan sekolah yang ditetapkan sebagai proyek percontohan juga semakin baik, serta pola pengolahan sampah," katanya.

Tahun 2017 pemerintah Vlissingen juga akan melakukan pelatihan bagi tenaga medis di rumah sakit, serta akan memberikan kuliah di fakultas kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

"Tahun 2016 telah dimulai dengan pelatihan dilanjutkan tahun ini kuliah dan pelatihan di awal tahun, sedangkan di bulan Oktober nanti akan ditindaklanjuti dengan seminar dan simposium," ujarnya.

Selain kerjasama dibidang kesehatan dan pendidikan, pihaknya juga akan melakukan pengembangan kerjasama dibidang pariwisata

"Bidang pariwisata akan dilakukan pengembangan dan promosi wisata di Belanda melalui kegiatan pasar malam, agar kunjungan wisatawan Belanda dan negara lainnya semakin meningkat di kota Ambon dan provinsi Maluku," tandas Anthony.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017