London, 2/3 (Antara Maluku) - Film dokumenter Jihad Selfie karya sutradara Noorhuda Ismail mengawali Festival Film Indonesia (FFI) yang dinamai Films of The Archipelago, dijadwalkan di Deptford Cinema, sebuah bioskop berbasis komunitas di Tenggara London, 4-26 Maret 2017.

Penggagas FFI di London, Lenah Susianty dan Paul Flanders, kepada Antara London, Kamis mengatakan dalam acara itu akan diputar bermacam ragam film, mulai dari karya dokumenter seperti Jihad Selfie hingga film laga yang dibintangi Iko Uwais, yang namanya cukup dikenal di Inggris berkat film The Raid.

Menurut Lenah Susianty, Festival ini diadakan karena saat ini film Indonesia belum banyak dikenal di Inggris. Hal ini mungkin juga disebabkan karena tidak adanya hubungan dengan perusahaan pendistribusi film di Inggris. Hanya beberapa film saja yang bisa masuk ke bioskop umum di Inggris, seperti The Raid yang disutradarai Gareth Evans, ujarnya.

Karena itu, dia dan Paul Flanders berusaha menampilkan karya-karya berbagai genre untuk menunjukkan bahwa film Indonesia memiliki potensi besar dan perlu diputar untuk khalayak yang lebih luas.

"Kami berdua penggemar film, termasuk film Indonesia dan merasa sudah saatnya film Indonesia mulai unjuk gigi di dunia internasional," ujar Lenah Susianty.

Film Indonesia lainnya yang akan di putar di antaranya Street Punk Banda Aceh, Jalanan, Maryam, Lovely Man, "Headshot", dan Pintu Terlarang. Harga tiket lima poundsterling.

Pewarta: Zeynita Gibbons

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017