Ambon, 25/3 (Antara Maluku) - Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Richard Louhenapessy - Syarief Hadler atau Paparissa Baru menetapkan program "Visit Ambon" tahun 2020.

Berdasarkan visi misi dan program prioritas yang ditetapkan maka terget difokuskan pada kebijakan jangka menengah yaitu menetapkan Ambon sebagai destinasi wisata melalui "Visit Ambon" 2020, sebagai kelanjutan dari program Mangente (kunjungi) Ambon, kata Wakil Wali Kota Ambon terpilih Syarief Hadler di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, pendekatan pembangunan yang digunakan bersifat holistik-tematik, integrative dan spasial, yang semuanya dilakukan guna mendukung tujuh program prioritas.

Tujuh program prioritas yang ditetapkan yakni Ambon aman, bersih, terang, sehat, cerdas, berbudaya dan Ambon yang sejahtera.

Program tersebut akan dilakukan secara terkordinasi multi SKPD, pencapaian yang dilakukan juga secara terintegrasi antar SKPD, dimana pembangunan harus mempertimbangkan lokasi yang juga terintegrasi dengan infrastruktur.

"Pembangunan harus mempertimbangkan lokasi yang sesuai dengan infrastruktur jalan, pasar yang menyediakan kebutuhan wisatawan, serta infrastruktur lain yang menunjang yakni fasilitas kesehatan dan penerangan," katanya.

Syarief mengakui, guna mendukung program prioritas jangka menengah "visit Ambon" 2020, ada sejumlah hal mendesak yang harus dikerjakan adalah memepercepat penyerahan "Benteng Victoria" sebagai cagar budaya, yang selanjutnya akan dikelola sebagai objek wisata budaya.

Selain itu mempercepat perwujudan "Ambon City Of Music" serta mempercepat perairan teluk Ambon bersih, ditunjang dengan kebersihan sungai yakni dua sungai di kota Ambon Wai Batu Merah dan Waitomu sebagai model percontohan.

"Kita akan berupaya mewujudkan seluruh program prioritas sesuai RPJM, yang terpenting diwujudkan saat ini adalah upaya memepercepat penyerahan benteng victoria dari Kodam XVI Pattimura ke Pemkot Ambon, " tandasnya.

Ditambahkannya, program jangka menengah lainnya yang mendukung tujuh program prioritas adalah menetapkan "Ambon Smart City".

"Masyarakat dan wisatawan diharapkan dapat menikmati internet di area publik secara gratis. Seluruh upaya ini bertujuan untuk mengembalikan citra Ambon manise yang sempat meredup untuk kembali mendunia," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017