Ambon, 28/3 (Antara Maluku) - Jalan yang menjadi rute peserta kegiatan internasional bersepeda Tour de Molvccas pada 18 - 22 September 2017, akan segera diperbaiki oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara.

"Untuk kesiapan jalan-jalan yang dilewati peserta, bulan depan sudah ada tender, dari Balai Jalan yang akan melaksanakannya karena harus siap sebelum kegiatannya dimulai," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku Habiba Saimima di Ambon, Senin.

Tour de Molvccas adalah program unggulan Dispar Maluku guna meningkatkan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerahnya pada 2017.

Diperkirakan sedikitnya ada 700 pesepeda dari 30 negara, termasuk Indonesia akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaanya, para peserta akan melalui jalan sepanjang 802 kilometer melintasi tiga kawasan sekaligus, yakni Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah, lalu finish di Lapangan Merdeka Ambon.

"Persiapan di daerah harus lebih banyak, berkoordinasi dengan pemerintah di tingkat kabupaten/kota juga. Mudah-mudahan pesertanya ada penambahan lagi," kata Habiba.

Terkait kesiapan perhelatan Tour de Molvccas, tidak hanya jalan-jalan yang menjadi rute bersepeda yang disiapkan, Dispar Maluku juga telah melakukan survei jumlah penginapan yang tersedia di Kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah untuk para peserta.

Rumah-rumah penduduk juga akan digunakan sebagai alternatif penginapan dengan sistem home stay.

"Pemerintah kabupaten juga sudah berniat menambah penginapan. Alternatif terakhir kalau penginapan tidak cukup, kita akan menggunakan sistem home stay," ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, kata Habiba lagi, berpesan agar Dispar Maluku selain gencar mempromosikan kegiatan Tour de Molvccas, juga memastikan kebersihan lingkungan yang dilewati peserta.

"Pak Menteri sangat mendukung Tour de Molvccas, pesannya banyak sosialisasi, kita harus menjaga kebersihan lingkungan, toilet terutama," ucapnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017