Saumlaki, 7/4 (Antara Maluku) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki diperkuat dengan pemberian Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Nustual 1-9-16 untuk keperluan operasi keamanan di laut.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Antara, Jumat, penyerahan kapal berukuran panjang 28 meter tersebut dilakukan oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda TNI Mulyadi dan diterima Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, pada satu acara di Pantai Mutiara, Jakarta, Kamis (6/4).

KAL Pulau Nustual I-9-16 merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi di PT. Tesco Indomaritim. Pengadaan kapal ini merupakan bagian dari rencana strategis TNI AL dalam mewujudkan kekuatan pokok Minimum Essential Force (MEF) tahun 2010 sampai dengan 2024.

Penambahan armada kapal cepat itu dapat meningkatkan kinerja Lanal Saumlaki, khususnya bidang operasi dalam rangka penegakan kedaulatan dan pengendalian perairan yuridiksi nasional Indonesia di wilayah perairan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang wilayah lautnya berbatasan langsung dengan Negara Australia dan Timor Leste.

KAL Pulau Nustual I-9-16 diharapkan mampu melaksanakan patroli keamanan laut dan mendukung pemerintah daerah Kabupaten MTB dan Kabupaten MBD yang terdiri dari daerah kepulauan.

Dikomandani Kapten Laut (P) Untung Rusliyanto, kapal patroli cepat itu dirancang untuk perairan dangkal.

Pulau Nustual adalah salah satu pulau di MTB yang terletak di Teluk Kota Saumlaki.

Pemberian nama KAL Pulau Nustual 1-9-16 untuk salah satu Alutsista TNI AL itu diharapkan mampu menjadi pembangkit dan penyemangat bagi para awaknya yang tergabung dalam jajaran Lanal Saumlaki.

Lanal Saumlaki sebelumnya telah memiliki armada patroli keamanan laut (Patkamla) berupa Combat Boat (Patkamla Selat Egeron dan Patkamla Selat Yamdena), dan satu sea raider.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017