Ambon, 18/4 (Antara Maluku) - Softeast, band indie beraliran fusion asal Kota Ambon mempersiapkan performa mereka di konser musik International Jazz Day Jakarta, yang akan diselenggarakan oleh iCanStudioLive (iCSL) pada 30 April 2017.

"Kami senang sekali diundang tampil di konser itu. Kami sudah menyiapkan lagu-lagu yang akan dibawakan, dan sudah mulai fokus latihan hari ini," kata Adit, kibordis Softeast, di Ambon, Selasa.

Sejak 30 April ditetapkan sebagai Hari Jazz Internasional oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2012, guna mempromosikan penyelenggaraan konser musik jazz secara global pada hari yang sama, ini adalah kali pertama dilaksanakan di Indonesia.

Dalam konser itu, Softeast dijadwalkan tampil bersama sejumlah penyanyi dan musisi tanah air, seperti Batman Quartet, Bass G, Barry Likumahuwa, Saxx in the City, Jamie Aditya dan Benny Likumahuwa, Zolton Renaldi, Dimas Pradipta, Rafi Muhammad, Renata Tobing dan lainnya.

Digelar di foreground FX Sudirman pada pukul 09.00 WIB hingga 23.00 WIB, kelompok musik yang diawaki oleh Michael Pelupessy (MP) sebagai vokalis, Aditya Rhiofaldo Titaley (Adit) di kibord, drum oleh Helmy Leinussa (Miken), dan Marvil Lewaherilla (Lewa) pada bass, akan tampil selama 45 menit pada pukul 11.00 WIB.

"Rencananya kami akan membawakan beberapa lagu-lagu dari musisi mancanegara yang alirannya tidak berbeda jauh dengan kami, salah satunya adalah Stevie Wonder, karena kami belum tahu apakah boleh membawakan lagu-lagu sendiri, setelah di Jakarta nanti kami akan menanyakan itu kepada penyelenggara," kata Adit lagi.

Ia mengaku sebelumnya dirinya dan kawan-kawan tidak tahu adanya konser perhelatan Hari Jazz Internasional, tapi sewaktu menghubungi musisi Barry Likumahuwa, mereka diajak untuk ikut tampil dalam pertunjukan musik tersebut.

"Ajang ini menjadi salah satu pembuktian bahwa tidak harus merantau ke Jakarta untuk bisa "go national", dan kami memilih untuk tetap berkarya dari Ambon," katanya.

Softeast yang merupakan akronim dari Sound of the East atau suara dari timur, mulai berkiprah dengan aliran musik berbeda dari kebanyakan genre di Ambon sejak 2 Mei 2013, dan membuat "remake" lagu musisi nasional maupun mancanegara, salah satunya adalah The Way You Make Me Feel yang dipopulerkan oleh Michael Jackson.

Berbasiskan personel yang memiliki "passion" musik berbeda-beda, mulai dari jazz, top 40 hingga rock, band yang sebelumnya menggunakan nama Arafura itu, telah mengalami beberapa kali pergantian personil.

Selain konser musik International Jazz Day Jakarta, Softeast juga dijadwalkan tampil bersama Trompela di Subang, Jawa Barat dalam tahun ini.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017