Ternate, 27/4 (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara membenahi kawasan pasar di daerah setempat guna mengantisipasi serbuan pedagang musiman yang terjadi setiap menjelang bulan Ramadan.

Kabid Perdagangan Disprindag Kota Ternate, Charul Saleh Arif di Ternate, Kamis mengatakan pihaknya mengarahkan titik dijadikan tempat jualan kuliner Ramadan di antaranya area Taman Nukila, Depan Taman Fala Jawa dan juga Pasar Higenis Bahari Berkesan.

Jualan kuliner Ramadan masih seperti dulu, area-area yang sudah ditetapkan itulah yang akan dijajahi para penualan alkadar berbuka puasa.

Dia melanjutkan, hal ini untuk setiap tahun selalu ada, karena momen Ramadan banyak yang menjajahi makanan dan kue-kue untuk mudah didapatkan dan tempatnya masih seperti biasa dipasar, depan taman Nukila, Taman Falajawa dan lainnya.

Menurutnya Chairul, dalam menyambut Ramadhan adapun pasar Musiman yang berjualan pakaian, tetapi yang berjualan pakaian ini sendiri belum memiliki tempat, nanti akan dikoordinasikan dengan pihak terkait, barulah ditetapkan tepat yang cocok untuk oleh pedagang kaki lima (PKL) tersebut.

Sementara itu, untuk sejumlah pedagang yang nantinya berjualan diarea bahu jalan, untuk kuliner tetap ditertibkan agar penjualannya lebih baik, teratur dan tidak mengganggu rambu lalulintas.

"Penertiban dan pemantauan tetap dilakukan, agar tidak menggangu aktifitas lalulintas," ujarnya.

Selain itu, pedagang yang berjualan dibagian dari bahu jalan merupakan pedagang yang sudah lama atau pedagang musiman yang setiap ramadhan mereka ada untuk berjualan dan datanya juga sudah ada.

"Jika ada penjual baru yang ingin berjualan, maka dilihat terlebih dahulu lokasinya dan jika masih bisa memadai baru diizinkan dan kalau tidak maka akan dilarang," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017