Langgur, 30/4 (Antara Maluku) - Kabupaten Maluku Tenggara memiliki sedikitnya 65 tempat wisata yang terus dikembangkan dan dipromosikan oleh dinas pariwisata setempat.

"Tercatat ada 65 potensi wisata yang terus kita kembangkan, baik yang sudah dikenal masyarakat luas maupun yang baru dijumpai," kata Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Roy Rahajaan di Langgur, Minggu.

Menurut dia, potensi wisata Kei yang tidak terbatas menjadi konsep utama dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu.

Tahun ini, kata dia, Dinas Pariwisata Maluku Tenggara akan menggelar sejumlah kegiatan, di antaranya Sail Wonderful pada bulan Juli 2017, dipusatkan di Desa Debut.

"Kami juga akan menggelar `Bali Kei dan Expo` yang melibatkan investor dalam dan luar negeri, salah satunya perusahaan Facebook," kata Roy.

Dua kegiatan itu bertujuan memperkenalkan potensi yang ada di Maluku Tenggara demi meningkatkan minat investor untuk menanamkan modal di sektor pariwisata kabupaten tersebut.

Roy mengatakan, pemerintah kabupaten, provinsi dan Pusat sangat mendukung upaya itu.

"Saat ini sedang diupayakan bantuan speedboat khusus dari Kementerian Pariwisata," katanya.

Ditanya tentang angka kunjungan wisatawan ke Maluku Tenggara, Roy menyatakan sangat positif, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

"Saat ini yang menjadi perhatian wisatawan dalam dan luar negeri adalah goa sedalam 100 meter di Wear Aur, Desa Ad, Pulau Kei Besar Utara Barat. Di dalamnya terdapat ruang-ruang yang dihiasi stalastik-stalastik indah," katanya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017