Ternate, 22/5 (Antara Maluku) - Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Hendrata Thes terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Provinsi Maluku Utara pada Musyawarah Daerah (Musda) III DPD I yang dilaksanakan di Grand Dafam Hotel, Ternate, Minggu (21/5).

"Kepercayaan partai untuk memimpin Partai Demokrat bukan akhir dari perjuangan untuk membesarkan partai, dan ini adalah langkah awal kita bersama untuk kembali menata dan berjuang membesarkan partai," kata Hendrata Thes dalam pidato kemenangan.

Dia mengatakan tugas perdananya adalah menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC di sepuluh kabupaten Kota sebagai kelengkapan infrastruktur partai.

"Dalam waktu dekat kita melakukan Muscab dan membentuk pengurus ranting di tingkat bawah sebagai persiapan verifikasi partai untuk Pilgub 2018, Pileg dan Pilpres 2019 mendatang," kata Hendrata.

Dari 10 DPC kabupaten/Kota di Malut, Bupati Sula ini mendapat dukungan sembilan suara, dan mengungguli kompetitornya, Wakil Wali Kota Ternate Abdulah Taher yang hanya meraih satu suara.

Musda yang bertema "Untuk Rakyat Demokrat Peduli dan Beri Solusi" itu dihadiri Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK), Jenderal Purnawirawan Pramono Edhy Wibowo, Wakil Ketua Umum PD Cornel Simbolon beserta pungurus DPP lainnya, mantan Plt Ketua DPD PD, Hasan Doa dan Ketua DPC sepuluh Kabupaten/Kota.

Hendrata mengaku tidak keberatan dengan tugasnya sebagai Bupati di Kepsul dan mengemban amanah partai.

"Saya rasa tugas ini cukup berat, tapi dengan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan serta sumber daya manusia yang ada baik di Sula maupun di Partai, menurut saya bisa diimbangi dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP Partai Demokrat, Pramono Edhy Wibowo meminta Hendrata untuk menjaga amanah partai secara baik, karena dukungan dan kepercayaan pengurus partai bukan diberi secara gratis.

"Merangkul semua kader untuk bersama membesarkan partai adalah tugas sebagainya sebagai ketua dan jangan lagi ada perpecahan," katanya.

Sekretaris DPD I, Fachri K. Sangadji menambahkan, terpilihnya Hendrata sebagai Ketua adalah wujud dari Nasional Relegius partai.

"Demokrat sangat menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme. Karena itu, Musda kali ini sebagai juwud nyata moto partai Demokrat, sebab didalam tubuhnya demokrat tidak mengenal pandang bulu, sehingga keberagaman antar sesama sangat diprioritaskan di dalam tubuh partai," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017