Ambon, 22/5 (Antara Maluku) - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatlolon menyatakan pihaknya akan segera menyiapkan SDM-SDM dari Tanimbar untuk mengisi jabatan-jabatan dalam proyek migas Blok Masela.

"Kita tidak boleh jadi penonton, dan karena itu penyiapan SDM-SDM unggul Tanimbar (sebutan lain MTB - RED) harus dimulai dari sekarang," katanya, saat memberikan sambutan pada Resepsi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati MTB Periode 2017-2022, di Baileo Oikumene, Kota Ambon, Senin malam.

Menurut Petrus, penyiapan SDM unggul untuk mengisi pos-pos penting di Blok Masela butuh waktu lebih dari lima tahun, sehingga harus dimulai dari sekarang.

Kalau pun proyek Blok Masela belum berjalan, kata dia, maka tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati MTB adalah mempromosikan mereka ke daerah-daerah lain yang membutuhkan.

Bupati Petrus lebih jauh menegaskan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati Agustinus Utuwaly akan membangun "bumi daun lolat" (MTB) secara bertahap namun pasti, dengan dukungan dari berbagai komponen dalam masyarkat.

"Membangun MTB ke depan tidak bisa hanya dilakukan oleh kami berdua, tetapi harus bersama seluruh masyarakat daerah ini. Karena itu, kami akan sangat membutuhkan bantuan dari tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda, perempuan, dan partai-partai politik," katanya.

Bupati juga menyatakan dirinya siap duduk bersama para pesaingnya pada Pilkada lalu.

"Saya sangat bahagia melihat Bapak Paulus Werembinan bersama ibu hadir pada malam ini. Kami juga mengundang kandidat-kandidat lainnya termasuk Bapak Dharma Oratmangun, tetapi mungkin beliau ada kesibukan lain," katanya.

"Tetapi saya percaya, suatu hari saya akan duduk bersama dengan Bapak Paulus dan Bapak Dharma untuk bersama-sama membahas konsep-konsep membangun MTB ke depan," tambahnya.

Paulus Werembinan dan Dharma Oratmangun adalah kandidat bupati yang ikut bersaing dalam Pilkada MTB 2017.

Bupati Petrus juga menegaskan bahwa pembangunan MTB selama lima tahun ke depan tidak akan diwarnai interfensi dari pihak manapun, termasuk tim-tim pemenangan yang telah berjuang memenangkan Pilkada.

"Saya pastikan tidak akan ada interfensi," tandasnya.

Petrus Fatlolon dan Agustinus Utuwaly dilantik Gubernur Maluku Said Assagaff atas nama Menteri Dalam Negeri pada Senin pagi, dalam satu acara yang digelar di Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Turut dilantik pada acara tersebut pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon), Ramli Umasugi-Amus Besan (Bupati dan Wakil Bupati Buru), dan M. Yasin Payapo-Timotius Akerina (Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat).

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017