Ambon, 29/5 (Antara Maluku) - Tim peninjauan dan pemantauan Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Laut (Itjenal) Markas Besar TNI AL (Mabesal) mengunjungi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX/Ambon, Senin.

Kunjungan kerja tim yang dipimpin oleh Kolonel Laut (T) Simon Ferdinandus tersebut untuk melakukan peninjauan dan pemantauan terhadap program kerja dan anggaran Lantamal IX/Ambon.

Selain itu, selama kunjungan kerja yang berlangsung hingga 21 Juni 2017, tim dari Itjenal Mabesal juga akan meninjau pengadaan barang dan jasa Lantamal IX/Ambon untuk tahun anggaran 2017.

Kehadiran tim dari Itjenal Mabesal disambut oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, didamping wakilnya Kolonel Marinir Imam Sopingi, para Asisten Danlantamal IX, dan kepala-kepala satuan kerja dan kepala dinas di jajaran Lantamal IX/Ambon.

Inspektur Operasional (Irops) Itjenal Mabesal Laksamana Pertama TNI Janter Elias Manik dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel Laut (T) Simon Ferdinandus mengatakan Itjenal selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (Apip) mengemban fungsi manajemen kontrol organisasi TNI AL.

"Itjenal diberikan kewenangan untuk melaksanakan pengawasan melalui proses audit, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggara tugas dan fungsi organisasi di lingkungan TNI AL, salah satunya adalah satuan kerja Lantamal IX dan jajarannya," katanya.

Danlantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya menyambut gembira kedatangan tim dari Itjenal Mabesal ke markas komandonya.

Penyambutan tersebut menjadi momen secara simbolis dimulainya peninjauan dan pemantauan di Lantamal IX.

Ia berharap kunjungan kerja Tim Peninjauan dan Pemantauan dapat memberikan manfaat besar terhadap kemajuan markas komando yang dipimpinnya. Karena itu, tim tersebut bersama kepala-kepala satuan kerja Lantamal IX bisa mengembangkan pola kemitraan dalam pelaksanaan peninjauan dan pemantauan.

Dengan demikian, maka akan diperoleh informasi serta masukan yang objektif secara timbal balik yang dapat memberikan manfaat bagi keberhasilan tugas tim dari Itjenal Mabesal, maupun bagi peningkatan tugas-tugas pembinaan Lantamal IX.

"Saya menyambut gembira dengan kunjungan ini, karena selama Tim Review dan Pemantauan Itjenal berada di Lantamal IX maka kami akan memperoleh masukan-masukan yang sangat berharga untuk meningkatkan pembinaan Lantamal IX menuju yang lebih baik," ucapnya.

Selain Kolonel Laut (T) Simon Ferdinandus, anggota Tim Peninjauan dan Pemantauan Itjenal Mabesal yang turut serta dalam kunjungan kerja tersebut adalah Kolonel Laut (T) AR. Agus Santoso, Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom, dan Letkol Marinir Hermawan Prasetyabudi.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017