Ambon, 30/5 (Antara Maluku) - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Maluku bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku serta Stasiun Karantina Hewan melakukan inspeksi mendadak di pasar tradisional dan modern selama Ramadhan 1438 Hijriah.

Sidak dilakukan di sejumlah titik di Kota Ambon yakni Pasar Tradisional Mardika dan Batu Merah serta pusat perbelanjaan Hypermart di Maluku City Mall (MCM) Kota Ambon, Selasa.

"Sasaran sidak adalah para pedagang kebutuhan pokok di seputar Pasar Mardika dan Batu Merah, serta pusat perbelanjaan MCM," kata Kasub Dit 1 Dirkrimsus Polda Maluku AKBP Toni Kurniawan.

Menurut dia, sidak menjadi agenda rutin kepolisian berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menyikapi dan mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang hari-hari besar keagamaan.

Selain melakukan sidak ke pasar tradisional pihaknya juga melakukan pengecekan harga barang di pusat perbelanjaan Hypermart MCM Ambon.

"Hasil pengawasan yang kami lakukan hari ini harga dan stok kebutuhan pokok di Kota Ambon masih stabil, dan kami berharap akan tertap berlanjut hingga hari raya," katanya.

Dijelaskannya, dalam melakukan razia bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Kami harapkan stok dan harga kebutuhan pokok tidak mengalami lonjakan signifikan, karena itu kami berupaya melakukan tindakan yang bersifat pencegahan," kata Toni Kurniawan.

Ia mengatakan Mabes Polri dalam hal ini Bareskrim Polri juga telah membentuk tim khusus dalam rangka operasi pasar sambil berkoordinasi dengan kementerian terkait.

"Tim ini prinsipnya untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri, sementara untuk tingkat Polda pelaksana kegiatan adalah Dirkrimsus berkoordinasi dengan instansi terkait di Kota Ambon," ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017