Ternate, 1/6 (Antara Maluku) - Bupati Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), Danny Missy mendapatkan penghargaan katagori budaya inovatif dari Pemerintah Belanda, karena berhasil mempromosilkan budaya daerahnya hingga ke mancanegara.

"Pemberian penghargaan oleh Pemerintah Belanda dilakukan secara langsung kepada bupati saat menghadiri penampilan tarian khas Halmahera Barat yakni tarian Bala-Bala," kata Bupati Danny Missy di Ternate, Kamis.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh para penari sangat luar biasa, dimana tour tarian Bala-Bala yang merupakan tarian khas bisa terkenal di luar negeri seperti negara Belanda ini.

Sehingga, untuk memperkenalkan budaya Halmahera Barat khususnya, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Belanda di bidang pariwisata dan kebudayaan.

"Jadi sesuai dengan kerja sama itu, bukan hanya tarian bala-bala dan cray Jailolo saja, tapi ada tarian khas Halmahera Barat lain juga akan ditampilkan, begitu juga sebaliknya," ujar Danny.

Bupati juga menyentil pertemuannya dengan komunitas warga Indonesia, khususnya warga Maluku dan Maluku Utara dan mereka siap untuk mempromosikan budaya Halmahera barat pada tiap event di Belanda.

"Bahkan mereka juga akan membuka event tahunan Halmahera Barat (FTJ) di Belanda setiap bulan Mei,? katanya.

Menurut dia, Pemkab Halbar mempromosikan kemolekan pariwisata melalui helatan Festival Teluk Jailolo 2017 selama seminggu yang biasanya digelar pada awal bulan Mey dengan menyajikan sejumlah keanekaragaman budaya dan pariwisata lokal.

Bahkan, iven tahunan yang sudah digelar selama delapan kalinya ini menyajikan berbagai kearifan lokal yang ada di Halmahera Barat. Keindahan panorama alam, potensi bawah laut, kuliner khas, serta adat istiadat penduduk asli Halmahera Barat bakal jadi primadona di acara budaya ini dan berbagai atraksi juga bakal memberikan hiburan tersendiri.

Sebab, rangkaian acara di Festival Teluk Jailolo 2017 bakal lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, karena FTJ akan menampilkan tradisi Sasadu on The Sea, Pagelaran Seni Budaya Moloku Kie Raha, Upacara Adat Sigofi Ngolo, Wisata Petualangan, Lomba Fotografi Underwater dan Diving, sehingga ini menjadi promosi wisata Kabupaten Halbar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017