Ternate, 8/6 (Antara Maluku) - Sebanyak 697 kepala keluarga (KK) di Kota Ternate, Maluku Utara akan mendapat bantuan untuk membangun rumah.

"Bantuan yang akan diberikan itu khusus untuk membangun rumah dengan sasaran warga kurang mampu yang rumahnya tidak layak huni," kata Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Pemkot Ternate, Rizal Marsaoly,Kamis.

Bantuan tersebut termasuk dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Program BSPS ini ditujukan untuk perbaikan rumah masyarakat yang sudah rusak atau kurang layak Huni.

Kriteria penerima bantuan tersebut yaitu berpenghasilan rendah dan kondisi rumah dari atap, lantai dan dinding benar-benar sudah rusak dan butuh perbaikan.

Sesuai Juknisnya bantuan ini diberikan secara empat tahap. Tahap pertama akan diserahkan kepada 209 KK. Tahapan selanjutnya harus diverifikasi lagi.

Rizal menyatakan, sesuai SK Wali Kota, bantuan tersebut hanya untuk warga di 17 lokasi yang terdaftar dalam kawasan kumuh, diantaranya Kalumata, Fitu, Bastiong Talangame dan Kampung Makassar Timur.

Kategori penerima yakni sebesar Rp15 juta untuk rumah rusak berat, rusak sedang Rp10 juta dan rusak Ringan Rp7 juta.

Oleh karena itu, Pemkot Ternate intensif melakukan pendataan bagi keluarga miskin agar mendapatkan bantuan stimulan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017