Ambon, 9/6 (Antara Maluku) - PT Pelindo (Persero) IV Cabang Ambon menjamin ketersediaan pemasokan kebutuhan pokok masyarakat di kota Ambon selama Ramadhan hingga lebaran 1438 Hijriah.

"Stok kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadhan hingga menjelang lebaran dipastikan terjamin karena proses bongkar muat barang dilakukan setiap hari. Jadi, tidak ada barang yang menumpuk di kontainer," kata Manager Operasinal PT Pelindo IV Cabang Ambon, Herryanto, di Ambon, Jumat.

Pihaknya, telah menyusun jadwal bagi kapal yang mengangkut pemasokan kebutuhan pokok guna mengantisipasi terjadinya kekurangan stok di masyarakat.

Selain itu, berbagai kesiapan dari mulai aktivitas bongkar muat di pelabuhan telah disiapkan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kekosongan stok kebutuhan pokok.

Selama Ramadhan, kata Herryanto kapal yang masuk tidak menunggu waktu lama untuk melakukan bongkar muat, karena ketika tiba di pelabuhan Yos Sudarso Ambon langsung melakukan aktivitas.

"Kami mempercepat proses bongkar muat sehingga tidak terjadi proses menunggu. Jika kapal tiba malam, maka paginya sudah bisa bongkar tanpa harus menunggu. Selesai bongkar tinggal disalurkan ke setiap distributor," ujar Herryyanto.

Diakuinya, sebelum memasuki Ramadhan hingga saat ini aktifitas kapal di pelabuhan Yos Sudarso Ambon mengalami peningkatan, makanya pihaknya harus konsisten dengan peraturan dan waktu yang telah ditentukan.

"Aktivitas kapal mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan sebelum Puasa. Sebelumnya hanya 15 call kapal meningkat menjadi 18-19 call kapal/ bulan. Peningkatan tersebut dipastikan dapat menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat," tandas Herryanto.

Peningkatan jumlah kapal juga memberikan dampak positif bagi distributor di kota Ambon, karena ketika pasokan tiba di pelabuhan dilanjutkan dengan proses pengangkutan.

"Dari seluruh kebutuhan pokok yang ada, pihaknya lebih sering beraktifitas untuk stok kebutuhan telur sebab komoditi ini tak bisa bertahan lama tidak sama dengan kebutuhan pokok lainnya," katanya.

Pihaknya juga telah mempersiapkan peralatan bongkar muat diantaranya crawler cranes sebanyak dua unit serta CCE container crane atau Kran peti kemas yang akan tiba di Ambon akhir Juni 2017.

"Kesiapan peralatan serta petugas yang melakukan aktivitas bongkar muat,sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kelancaran kebutuhan pokok menjelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah," tandas Herryanto. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017