Ternate, 12/6 (Antara Maluku) - Sekolah di Ternate, Maluku Utara memanfaatkan momentum Ramadhan dengan menggelar pesantren kilat untuk meningkatkan kemampuan keagamaan bagi para siswa.

"Kami melaksanakan berbagai kegiatan yang sudah menjadi program tetap setiap datangnya Bulan Suci Ramadhan melalui pesantren kilat," kata Kepala SMP Islam 1 Kota Ternate Wahda, Umsohy, di Ternate, Senin.

Dia mengatakan, persiapan untuk kegiatan menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah telah dilakukan silaturahmi membahas berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama umat Islam menunaikan ibadah Puasa.

Bahkan, dalam pertemuan itu telah disepakati kegiatan yang dilakukan yaitu Safari Ramadhan akan dilakukan Sholat Taraweh berjamaah tiga kali yang melibatkan seluruh siswa.

Sebelum melaksanakan Sholat Taraweh berjamaah akan diawali dengan Tadarusan Al-Quran.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi Safari Ramadhan, Sholat Tarawih Bersama, peringatan Nuzul Quran dan Pesantren Ramadhan.

Bahkan, para siswa sejak masuk liburan pada 30 Mei 2017 sesuai dengan kalender pendidikan dilakukan persiapan untuk pelaksanaan semester dimulai 5 Juni 2017.

Setelah semester dilanjutkan dengan kegiatan menyemarakan Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan menyemarakkan bulan Suci Ramadhan untuk SMP Islam 1 Kota Ternate akan dilaksanakan setelah pelaksanaan semester.Namun, kesiapan untuk menyemerakkan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah sudah rampung.

Sedangkan, untuk pegumuman hasil ujian nasional, penerimaan siswa baru dan penerimaan laporan pendidikan akan dilalukan seusai perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

Sedangkan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, Ibrahim Muhammad meminta agar sekolah dalam momentum Ramadhan bisa menggelar pesantren kilat sebagai upaya meningkatkan pemahaman agama bagi para siswanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017