Ambon, 14/6 (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku menjamin stok kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi tersebut menjelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah tersedia dalam jumlah cukup.

"Hampir semua kebutuhan pokok yang diperlukan masyarakat, stoknya tersedia dalam jumlah cukup menjelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah," kata Kadis Perindag Maluku, Elvis Pattiselano, di Ambon, Rabu.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemantauan serta koordinasi dengan sejumlah distributor kebutuhan pokok seperti beras stoknya masih tersedia 11 ribu ton dan mencukupi kebutuhan hingga 104 hari ke depan.

"Masih ada tambahan stok beras yang dipasokn dari Sulawesi Selatan sebanyak 230 ton. Stok tambahan ini dijadwalkan tiba di Ambon pada 14 - 24 Juni 2018, sehingga dengan stok yang tersedia akan mencukupi kebutuhan masyarakat di Maluku hingga selesai Idul Fitri," ujar Elvis.

Stok gula pasir masih tersedia 230 ton untuk jangka waktu empat bulan ke depan dan distributor juga akan memasok 350 ton diantaranya 150 ton gula putih KBA dan 250 ton yang dipasok oleh Bulog Maluku.

Sedangkan, tepung terigu masih tersedia 662 ton yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama 31 hari kedepan, disamping akan menambah 100 ton dari Surabaya, Jawa Timur.

Minyak goreng masih tersedia 446 liter untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama 36 hari ke depan dan akan dipasok tambahan untuk memperkuat stok sebanyak 150 ribu liter.

Selain itu susu kental manis mencapai 399 ribu kaleng untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama 40 hari. Khusus susu distributor akan mendatangkan 19.200 kaleng dalam waktu dekat, sehingga stok yang tersedia mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir Idul Fitri.

Begitu juga stok mentega tersedia 31 ton untuk kebutuhan selama 30 hari.

Stok telur yang tersedia sebanyak 1.540.360 butir untuk jangka waktu tujuh hari mendatang.

Elvis menyatakan, sejumlah distributor telur juga telah menjamin memasok sebanyak lagi 846.000 butir. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan telur menjelang perayaan hari besar keagamaan.

Stok daging sapi yang tersedia sebanyak 59.000 Kg, ayam broiler 668.750 Kg. Sebayak 66.000 Kg ayam akan dipasok pekan depan.

Sedangkan cabe, bawang dan sayuran masih tersedia cukup dan secara rutin dipasok dari Manado,Sulawesi Utara.

"Kami juga secara intensif berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan maupun operator pelayaran dan pengusaha, terutama menyangkut jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal pengangkut kebutuhan pokok, mengingat kondisi cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini," kata Elvis.

Dia mengingatkan, para pedagang eceran maupun distributor tidak memanfaatkan kondisi cuaca yang tidak bersahabat akhir-kahir ini untuk melakukan spekulasi yang berdampak terhadap lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran.

"Bila kedapatan, maka pasti ditindak tegas sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku," tandas Elvis.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017