Ambon, 16/6 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar perayaan Nuzulul Quran 1438 Hijriah di Masjid Al Itihad, Kota Ambon, dipimpin oleh Pangdam Mayjen TNI Doni Monardo.

Siaran pers Dispendam XIV/Pattimura yang diterima Antara, Jumat, menyatakan kegiatan itu mengusung tema "Jadikan hikmah Nuzulul Quran 1438/2017 M sebagai sarana peningkatan keimanan dan ketakwaan, kepedulian serta kebersamaan prajurit TNI AD dengan masyarakat guna mewujudkan prajurit yang kuat, hebat, profesional dan di cintai rakyat".

Acara yang diwarnai penyerahan 1.000 paket sembako Ramadhan kerja sama Kodam Pattimura dan Tohir Foundation itu dihadiri Irdam XVI/Pattimura, Pa LO AL, Para Asisten, Kabalag dan Prajurit/PNS Kodam Pattimura, dan Ibu-Ibu Persit yang berjumlah kurang lebih 100 orang.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci atau Saritilawah Al Quran dan pembacaan artinya, dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Ustadz Sodik M.pd yang mengangkat tema Hikmah Nuzulul Quran.

Dalam Ceramahnya, Ustadz Sodik menyampaikan Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan menjadi pembeda antara yang hak dengan yang bathil.

Al Quran yaitu kitab yang diberkahi, pemberi cahaya, pembeda hak dan bathil, obat penyakit hati dan jiwa.

"Oleh karena itu, kita diwajibkan pula untuk mempelajari kandungan Al Quran, yakni mengerti pesan-pesan Al Quran, tafsirnya, hukum-hukum, perintah, larangan, dan nasIhat yang terkandung dalam Al Quran," katanya.

Dalam sambutannya, Kabintaldam XVI/Pattimura Kolonel Inf Kosasih menuturkan, peringatan Nuzulul Quran merupakan ajang meningkatkan keimaman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Mari kita ambil hikmah turunnya Al Quran ini, dimana Al Quran merupakan obat atau penawar bagi orang yang yakin kepada Allah SWT. Mari dalam 10 hari terakhir bulan puasa Ramadhan ini kita manfaatkan dengan melakukanhal-hal positif, seperti membaca Al Quran, memperbanyak bersedekah dan memperbanyak melaksanakan Sholat sunah dan lain-lain. Semoga kita mendapat Ampunan Allah SWT,". katanya.

Di akhir acara dilakukan penyerahan 1.000 paket sembako Ramadhan kepada anak yatimpiatu dan ibu-ibu warakawuri yang ada di sekitar lingkungan Masjid Al Itihad. 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017