Tual, 22/6 (Antara Maluku) - Wali Kota Tual Adam Rahayaan membuka Pasar Murah Terpadu bagi masyarakat dan menyerahkan bantuan alat sholat bagi tokoh-tokoh agama Islam di kota tersebut, Rabu.

"Pasar Murah Terpadu merupakan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat Kota Tual. Kita berkumpul hari ini karena hari ini istimewa. Selain pasar murah ada juga penyerahan paket bantuan perlengkapan sholat bagi tokoh agama yaitu Imam, Hatib, Muazim, dan Marbot," katanya di Tual, Kamis.

Menurut Adam, penyelenggaraan pasar murah merupakan bagian dari komitmen pemerintahannya dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah, terutama menjelang hari raya keagamaan.

"Seperti Idul Fitri dan Natal nanti, program ini dapat meringankan beban masyarakat terutama yang berpenghasilan menengah ke bawah. Bahan pokok seperti gula, tepung, minyak goreng, beras, sayur, bawang, dan ikan yang murah dapat membantu masyarakat," katanya.

Adam lebih jauh mengatakan, untuk penyelenggaraan pasar murah tersebut Pemkot Tual memberikan subsidi 60 persen dari harga pasar.

Ia juga mengatakan stok kebutuhan pokok di Kota Tual hingga menjelang Idul Fitri tersedia dalam jumlah cukup berkat kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan para subdistributor. Kerja sama itu juga dilakukan dalam rangka mengontrol stok dan harga.

"Saya mengapresiasi segala upaya yang telah membantu dan berpartisipasi sehingga Pasar Murah Terpadu Jelang Idul Fitri ini dapat terlaksana," katanya.

Wali Kota lebih jauh mengungkapkan, terkait program pro rakyat, pihaknya pada awal Ramadhan juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menyalurkan kartu BPJS bagi 72.136 masyarakat prasejahtera. Selain itu, juga sudah dibangun perumahan layak huni bagi masyarakat prasejahtera sebanyak 1.200 unit, yang tersebar di seluruh desa. Pembangunan 700 rumah bersumber dari APBN semertara yang 500 dari APBD.

Sebelumnya, Ketua panitia penyelenggaraan Pasar Murah Terpadu, Darnawati Kudubun melaorakan bahwa kegiatan itu terlaksana berkat kerja sama tiga SKPD yakni Disperindag, Dinas Pertanian, dan Dinas Perikanan. ***4***

(T.KR-JA/B/J007/J007) 22-06-2017 15:59:16

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017