Langgur, 22/6 (Antara Maluku) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) hari ini menggelar pasar daging murah untuk membantu meringankan beban masyarakat di daerah tersebut dalam menghadapi perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Seksi Kesehatan Ternak Distan Malra, Leny Heatubun di Langgur, Kamis, menyatakan, selain daging, pihaknya juga menjual telur dengan harga murah.

"Kita tahu bersama, daging dan telur pada saat sekarang ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat, sekalipun stoknya ada namun dipasarkan cukup mahal. Karena itu kami berusaha membantu masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan dengan harga terjangkau," katanya.

Menurut Leny, kegiatan yang dilakukan Distan Malra itu juga sekaligus membantu peternak lokal memasarkan hewan ternaknya.

Ia menjelaskan, tiga hari sebelum pasar murah dibuka, Distan Malra menjual kupon bagi masyarakat untuk membeli daging sapi atau kambing maupun ayam kampung, dan telur.

Daging sapi disiapkan sebanyak 519 kg, daging kambing 150 kg, ayam kampung 90 ekor.

Harga daging sapi ditetapkan Rp110.000/kg, daging kambing Rp60.000/kg, ayam kampung Rp.100.000 per ekor, dan telur ayam Rp50.000 per rak (30 butir).

"Khusus telur ayam belum bisa dipasok sepenuhnya dari peternak lokal, sehingga sehingga kami ambil dari distributor. Namun pada bulan Desember nanti, kami yakin sudah dapat dipenuhi oleh peternak," kata Leny.

Ia mengungkapkan, pasar daging murah baru pertama kali dilakukan di Malra, dan masyarakat sangat antusias menyambutnya. Ini terlihat dari masyarakat yang terus berdatangan untuk membeli kupon, padahal sudah habis terjual.

"Karena itu kami berusaha memenuhi kebutuhan mereka dengan mendata pada hari ini, sehingga mereka dapat memperoleh kupon pada pelaksanaan pasar murah hari kedua besok," katanya.

Leny menambahkan, pasar daging murah ini dilaksanakan bekerja sama dengan MUI setempat, mengingat amanat UU tentang sertifikat halal, dan UU Nomor 18 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

"Jadi dapat dipastikan aman, sehat, dan halal," katanya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017