Ternate, 24/6 (Antara Maluku) - Sejumlah pemudik di Ternate, Maluku Utara yang akan ke berbagai daerah di Indonesia untuk merayakan Idul Fitri mengeluhkan kesulitan mendapat tiket pesawat pada H-1 perayaann Idul Fitri 1438 Hijrah.

Salah seorang calon pemudik,Rizaldi di Bandara Babullah Ternate, Sabtu, menyatakan, dirinya bersama keluarga hendak kembali ke Makassar, tetapi tidak mendapat tiket pesawat, karena banyaknya penumpang yang saat ini telah masuk daftar tunggu serta para pemudik yang jauh-jauh hari telah memesan tiket sejak sebulan lalu.

Sulitnya calon penumpang mendapatkan tiket karena saat H-1 lebaran, ternyata banyaknya pemudik yang memilih menggunakan pesawat terbang untuk kembali ke masing-masing daerahnya.

Dia sudah mencari tiket pesawat ke berbagai biro perjalanan umum di Ternate, bahkan sampai mencari langsung di Bandara Babullah Ternate, tetapi tidak mendapatkan tiket, karena semuanya sudah terjual sejak seminggu lalu.

Bahkan, sejumlah warga yang hendak balik dari Ternate ke sejumlah daerah Indonesia yang telah mendapat tiket pesawat juga mengeluhkan melonjaknya harga tiket pesawat, untuk Ternate - Jakarta dengan pesawat Garuda Indonesia misalnya yang biasanya Rp1,9 juta melonjak menjadi Rp3,6 juta.

Begitu pula untuk rute Ternate-Makassar yang biasanya Rp890.000 naik menjadi Rp1,6 juta dan Ternate - Surabaya dari biasanya Rp1,2 juta kini naik menjadi Rp2 juta, sedangkan untuk Ternate - Manado dari Rp360.000 menjadi Rp760.0000.

Sedangkan,Kepala Unit Pelaksana Penyelenggara Bandar Udara (UPPBU) Sultan Babullah Ternate, Saiful Bahri mengakui, banyaknya warga yang kesulitan mendapat tiket pesawat tersebut karena meningkatnya penumpang yang akan mudik ke berbagai kota.

Sesuai hasil pantauan di Bandara Babullah hingga Sabtu Sore, terlihat ratusan penumpang arus mudik memenuhi bandara tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017