Ambon, 25/7 (Antara Maluku) - Kodim 1506/Namlea melaksanakan kegiatan pembinaan dan sekaligus sosialisasi wawasan kebangsaan dan pengenalan dasar-dasar kemiliteran bagi anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaannya.

Siaran pers Penerangan Korem 151/Binaiya yang diterima Antara di Ambon, Selasa, menyebutkan kegiatan tersebut digelar di SMA Negeri Waplau, Kecamatan Fena Lisela, Kabupaten Buru.

Materi pembinaan yang diberikan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan materi permainan untuk memupuk semangat kerja sama dan kebersamaan dalam perbedaan, seperti tongkat estafet, bola keseimbangan, permadani, holahop, water estafet, dan PBB.

Selain itu, juga keterampilan tentang dasar-dasar kemiliteran antara lain pengenalan kompas, membaca peta, rayapan tali satu, dan mountenering.

Disebutkan, pembinaan pramuka itu menjadi ajang yang menarik bagi para peserta terutama materi-materinya memberi pengetahuan yang tidak diperoleh di sekolah formal, seperti membaca peta dan penggunaan kompas yang dapat diaplikasikan pada kegiatan pencinta alam.

Di samping itu, pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dapat membekali para peserta kegiatan rasa cinta tanah air dan nasionalisme serta menerapkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik sehari-hari.

Kegiatan pembinaan pramuka itu dilaksanakan dengan tujuan agar pendidikan luar sekolah dan lingkungan keluarga dapat membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur yang baik dalam diri para peserta, dan membiasakan mereka pada pola hidup sehat, teratur dan terarah.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017