Ambon, 31/7 (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2017-2020.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Komisariat Wilayah Apeksi menggantikan ketua Komwil VI sebelumnya yakni Wali Kota Gorontalo Marthen Taha.

Pelantikan ketua dan pengurus terpilih dalam Musyawarah Komisariat Wilayah wilayah VI dilakukan ketua Apeksi Pusat yang juga Wali Kota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany di Ternate, Senin.

Richard Louhenapessy dalam sambutannya menyatakan, keungggulan anggota Apeksi wilayah VI yang harus tetap dijaga dan dipertahankan adalah semangat kebersamaan.

"Kita di wilayah timur harus berkembang dan sejajar dengan wilyah barat. Hal ini dapat terlaksana jika kita terus memupuk kerjasama dan meningkatkan kerharmonisan yang telah tercipta selama ini," katanya.

Pihaknya berjanji akan meningkatkan keharmonisan yang telah tercipta dan meningkatkan komunikasi yang intensif, sehingga kota-kota di wilayah timur Indonesia tidak tertinggal dengan wilayah barat.

Selain itu pihaknya juga akan memberikan perhatian khusus pada dua kota yakni Jayapura dan Kotagumubagu yang saat ini masih terbelit persoalan internal.

"Kedepan kerjasama yang konkrit harus kita lakukan, kota yang satu harus membantu kota yang lain, agar roda perekonomian dan pemerintahan bisa berjalan seiring," ujarnya.

Ia berharap, berbagai program yang telah dicapai komwil VI selama ini akan menjadi perhatian serius untuk ditingkatkan, dengan meningkatkan spesifikasi setiap daerah yang ada.

"Ada satu hal positif dari Komwil VI adalah harmonisasi sosial yang harus didorong melalui sebuah kerja sama yang lebih konkrit, terutama di kota Ambon, Tual dan Ternate yang jauh dari pusat perekonomian, kerjasama itu harus kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu ketua Apeksi pusat Airin Rachmani Diany menyatakan terima kasih kepada Wali Kota Gorontalo yang telah melaksanakan tugas dan kewajiban selama tiga tahun sebagai ketua Komwil VI.

"Ketua Komwil yang baru terpilih diharapkan dapat meneruskan apa yang telah dilakukan pengurus lama, dengan mengevaluasi agar kedepan semakin baik," tandasnya.

Komposisi pengurus Komwil VI periode 2017- 2020 dibantu dua wakil ketua yakni Wali Kota Bitung dan Wali Kota Tidore Kepulauan sebagai Wakil Wali Kota dan anggota 14 Wali Kota lainnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017