Ternate, 5/8 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara meminta agar pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kelurahan Tarau segera difungsikan.

"Warga telah mengeluhkan belum difungsikan pelayanan Puskesmas. Padahal bangunan tersebut sudah selesai dibangun," kata Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Tahir, di Ternate, Sabtu.

Oleh karena itu, dia berjanji akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan kota Ternate, Fathyah Suma untuk menanyakan, perihal belum dioperasikan Puskesmas di kelurahan Tarau

Menurut Abdullah, kalau gedungnya sudah siap, maka harus disiapkan tenaga medis yang akan bertugas di Puskesmas tersebut untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat kerena kebutuhan masyarakat lebih penting ketimbang hal lain.

"Kalau tuntutan warga seperti itu, maka kita harus cepat memenuhi permintaan masyarakat karena gedungnya sudah rampung dibangun. Gedung dibiarkan begitu tanpa ada operasional atau kegiatan pelayanan kepada masyarakat, maka dengan sendirinya bisa rusak," ujarnya.

Abdullah memandang perlu meninjau ke lokasi, setelah itu akan berkordinasi dengan Wali Kota agar Puskesmas tersebut secepatnya dioperasikan.

Sejauh ini belum ada laporan dari Dinas Kesehatan kota Ternate terkait hal tersebut. Sekiranya tenaga medisnya belum ditempatkan di sana bagaimana mau melakukan pelayanan.

"Saya akan memanggil Kepala Dinas kesehatan untuk mendorong Puskesmas itu secepatnya difungsikan, karena gedungnya sudah ada," katanya.

Apalagi jarak antara Tarau ke Puskesmas Siko cukup jauh dan kalau ada yang sakit tengah malam dan membutuhkan pelayanan akan sangat sulit dijangkau secepatnya.

"Warga di kelurahan Tarau jika berobat ke Puskesmas Siko yang jauh itu membebani masyarakat, terutama kurang mampu," tandas Abdullah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017