Ambon, 5/8 (Antara Maluku) - Pasangan Herman Koedoeboen dan mantan Bupati Seram Bagian Timur dengan tagline "HEBAT" telah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur-wagub Maluku di Ambon, Sabtu, serta mengembalikan berkas formulir pendaftaran di Desk Pilkada DPW PKB Maluku.

Pasangan "HEBAT" mendatangi kantor DPW PKB Maluku di Jl Jenderal Sudirman, Tantui Atas, Kota Ambon, disambut Ketua DPW PKB setempat Basri Damis yang sedang memantau kinerja dari Desk Pilkada Parpol ini dan diketuai Malaka Yaluhun.

Pasangan "HEBAT" menyatakan komitmen untuk membangun Maluku dengan perlu membenahi sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami telah berkomitmen untuk membangun Maluku yang lebih baik dengan mengembangkan konsep kerakyatan," ujar Herman.

Sedangkan, mantan anggota DPR RI Engelina Pattiasina yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur Maluku mengemukakan, memiliki hubungan sejarah dengan PKB karena bersam- sama dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mempertahankan Gus Dur ketika mau dilengserkan dari Presiden.

"Saya berterima kasih kepada PKB yang memberikan kesempatan untuk berproses mendapatkan rekomendasi dalam rangka Pilkada Maluku pada 27 Juni 2018," katanya.

Ketua Desk Pilkada DPW PKB Maluku Malaka Yaluhun mengemukakan, di hari pertama jadwal pengembalian berkas formulir pendaftaran tercatat sudah dua bakal calon gubernur dan satu bakal calon wagub yang mengembalikannya.

Desk Pilkada DPW PKB Maluku menjadwalkan pengembalian berkas pada 5-11 Agusus 2017 setelah masa pendaftaran sejak 31 Juli hingga 4 Agustus 2017.

Hanya saja, Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa karena pertimbangkan tugas tidak bisa ditinggalkan, maka telah mengembalikan berkas pada 4 Agustus 2017.

"Kami akan melakukan verifikasi terhadap berkas yang telah dikembalikan. Apabila ada yang harus dilengkapi, maka diberitahu dengan jadwal perbaikan dokumen pada 12-14 Agustus 2017," ujarnya.

Setelah perbaikan berkas dokumen, DPW PKB Maluku melaksanakan rapat pleno pada 16 Agustus 2017. Hasilnya disampaikan kepada DPP PKB yang menjadwalkan tes kepatutan dan kelayakan pada 13-18 September 2017.

Bakal calon gubernur yang telah di Desk Pilkada DPW PKB adalah petahana Gubernur Maluku Said Assagaff, mantan anggota DPR RI Engelina Pattiasina, mantan Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Jakobus Puttileihalat dan Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Johozua Max Yoltuwu.

Selain itu, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun, Komandan Korps Brimob Irjen Pol Murad Ismael dan mantan bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Bitsael Silvester Themar.

Sedangkan, hanya satu pasangan mendaftar secara paket, yakni "HEBAT".

Baal calon wagub lainnya adalah Bupati Maluku Tenggara Andreas Rentanubun, Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat Mozes Rudy Timisela dan Abdurrahman Marasabessy.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017