Ambon, 7/8 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura memberikan bantuan 300 dus keramik untuk dua masjid di Jazirah Leihitu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

Siaran pers yang diterima Antara, Senin, menyebutkan, pemberian bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Kodam Pattimura kepada masyarakat di Jazirah Leihitu, dan sekaligus untuk memperkokoh silaturahmi antara TNI dan rakyat.

Bantuan itu sendiri diberikan pada saat gelar kegiatan olah raga bersepeda "Gowes To Amsterdam", yang diikuti oleh kurang lebih 150 anggota TNI/Polri dan klub sepeda ada di Kota Ambon, Jumat.

Rute yang ditempuh berjarak sekira 25 kilometer, melewati desa-desa di Jazirah Leihitu.

Kegiatan yang digagas oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian K Tuheteru selaku Ketua Penyelenggara itu mengusung tema "Gowes To Amsterdam Dalam Rangka Menjalin Hubungan Silaturahmi Dengan Masyrakat Jaizirah Leihitu."

Kegiatan dimulai (start) dari Mako Yonif Raider 733/Masariku menuju pos pemeriksaan pertama di Dusun Hulung, Kecamatan Hitumeseng.

Saat tiba di pos pertama itu, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono mewakili Pangdam XVI/Pattimura memberikan bantuan berupa 150 dus keramik kepada Panitia Pembangunan Masjid Nurul Yaqin, yang diterima Pejabat Raja setempat, Ethwin Salamat.

Setelah itu, rombongan menuju pos pemeriksaan kedua di Dusun Mamua, Kecamatan Hitumeseng. Di tempat ini, Kasdam menyerahkan bantuan 150 dus keramik kepada Panitia Masjid Al Hidayah, diterima oleh Kepala Dusun, La Caba.

Kemudian rombongan melanjutkan perjalan menuju pos terakhir (finis) di Lapangan Sepak Bola Desa Kaitetu.

Di lapangan itu lalu digelar aneka perlombaan dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Republik Indonesia Tahun 2017, yang digelar oleh Kodim 1504/Ambon khsusunya Koramil 1504-05 Leihitu.

Perlombaan yang digelar yaitu Lomba Panjat Pinang, Lomba Tarik Tambang, Lomba Balap Karung, Lomba Balab Bakiak, dan Lomba Balap Engrang. Kegiatan diikuti oleh para pemuda dari desa-desa Jazirah Leihitu seperti Hila, Kaitetu, Mamala, Morela, Seith, Negeri Lima, dan Wakal.

Raja Hila, Abdullah Ollong menyatakan dirinya mewakili seluruh warga masyarakat yang ada di Jazirah Leihitu mengucapkan banyak terima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura yang telah menggagas kegiatan ini.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi antara Warga yang ada di Jazirah Leihitu dengan TNI/Polri khususnya Kodam XVI/Pattimura yang selalu berkontribusi bagi masyarakat di Maluku dan Maluku Utara," katanya.

"Selain itu, saya berharap kegiatan semacam ini dapat meredam konflik-konflik sosial yang terjadi di masyarakat melalui wadah perlombaan bersama," tambahnya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017