Ternate, 16/8 (Antara Maluku) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Maluku Utara (Malut) menyerahkan berkas bakal calon (Balon) Gubernur dan Wagub ke DPP PDIP.
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Malut, Djasman Abubakar, di Ternate, Rabu, mengatakan, para Balon Gubernur maupun Wagub sudah disampaikan ke DPP untuk digodok guna mendapatkan rekomendasi.

"Nama Balon Gubernur maupun Wagub itu dikirimkan oleh tim penjaringan dengan hasil survei masing - masing kandidat," ujarnya.

Para Balon nantinya harus mengikuti tes kepatutan dan kelayakan yang dilaksanakan DPP PDIP.

"Tes kepatutan dan kelayakan merupakan salah satu rangkaian proses yang harus diikuti seluruh Balon Gubernur maupun Wagub yang mendaftar di PDIP," kata Djasman.

Dia mengakui, rekomendasi DPP PDIP itu berada ditangan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri yang bisa sudah diputuskan, maka seluruh kader harus menaatinya.

PDIP Malut masih membangun komunikasi politik dengan Parpol lain untuk berkoalisi guna mengusung pasangan Balon Gubernur dan Wagub.

Balon Gubernur adalah Rudi Erawan, Ali Ibrahim, Zen Mansur, Ahmad Hidayat Mus, Abdul Gani Kasuba dan Burhan Abdurahman.

Sedangkan, Balon Wagub yakni Hein Namotemo, Anton Piga, Amin Drakel, Namto Roba serta Ikram Haris.

Balon Gubernur maupun Wagub yang kader PDIP adalah Bupati Halmahera Timur, Rudi Erawan, Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim, mantan Bupati Halmahera Barat, Namto Roba, Wakil Ketua DPRD Malut Ikram Haris dan dr Amin Drakel.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017