Ambon, 17/8 (Antara Maluku) - Bunyi beduk, lonceng gereja, dan sirene kapal mewarnai peringatan HUT Ke-72 RI yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Kamis.

Pantauan Antara, bunyi beduk, lonceng gereja, dan sirene kapal dibunyikan saat detik-detik proklamasi dipimpin Gubernur Maluku Said Assagaff.

Upacara yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), baik Provinsi Maluku maupun Pemkot Ambon, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku dan Kota Ambon, para veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, serta masyarakat dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Huwae.

Pada puncak peringatan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad membacakan doa menyusul mengheningkan cipta dipimpin Gubernur Said.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera (paskibra) yang notabene siswa SMA dari sembilan kabupaten dan dua kota di Maluku.

Bendera Merah Putih sebelum dikibarkan diarak dengan pengawalan ketat dari Kantor Gubernur Maluku ke lapangan Merdeka Ambon.

Usai peringatan, siswa SMP dan SMA se-Kota Ambon menyanyikan lagu- lagu perjuagan, baik dalam bentuk paduan suara maupun solo, diselingi paduan trompet jemaat GPM Benteng, Kecamatan Nusaniwe.

Pemprov Maluku seusai peringatan HUT Ke-72 RI menjamu makan para veteran di Kantor Gubernur Maluku yang dipimpin Wagub oleh Zeth Sahuburua.

Gubernur Maluku Said Assagaff akan menyaksikan penyerahan remisi HUT RI di Lapas Kelas II Ambon di Desa Negeri Lama, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Pemprov Maluku menjelang perayaan HUT Ke-72 RI di Ambon, Rabu (16/8) malam, melaksanakan taptu dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapapa, Kecamatan Sirimau.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017