Ambon, 28/8 (Antara Maluku) - Bakal calon (Balon) Gubernur, Said Assagaff bersama Balon Wagub, Anderias Rentanubun, di Ambon, Senin, melakukan silaturahmi politik ke DPW PKB Maluku dalam rangka Pilkada setempat pada 27 Juni 2018.

Safari Said yang petahana Gubernur Maluku dan Anderias sebagai Bupati Maluku Tenggara itu diterima Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis, Sekretarisnya, Fahrudin Hayoto, Ketua Desk Pilkada DPW PKB Maluku, Malaka Yaluhun serta jajaran DPW Maluku itu berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

Said mengemukakan, bersilaturhami politik ke DPW PKB Maluku dalam rangka memelihara hubungan baik yang terjalin harmonis selama ini.

"Silaturahmi harus dipelihara biarpun dalam suasana kompetisi untuk mendapatkan rekomendasi DPP PKB agar tercipta sebuah pertandingan persahabatan. Jadi usai pertandingan harus tetap bersahabat sehingga Pilkada Maluku ini mencerminkan pertandingan persahabatan," ujarnya.

Ketua DPD Partai Golkar Maluku ini mengisyaratkan soal koalisasi partai politik (Parpol) untuk mengusung pasangan Balon Gubernur - Wagub itu diserahkan ke masing - masing Parpol.

"Saya kader Partai Golkar sehingga harus mematuhi apa yang digariskan DPP, termasuk koalisi Parpol untuk mengusung Balon Gubernur - Wagub Maluku," tandasnya.

Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis mengapresiasi silaturahmi politik Said dan Anderias yang bertujuan agar tahapan Pilkada berlangsung dalam suasana kondusif.

"Silaturahmi ini sesuatu yang baik dengan maksud agar politik di Maluku terpelihara suasana kondusif, di mana Said dan Anderias menunjukkan sikap elegan," ujarnya.

Terpenting, kalau hati sudah terajut, maka persoalan lain bukan hal yang sulit. "Mekanisme harus sampai di DPP PKB. Namun, terpenting kita merajut hati terlebih dahulu," tegas Basri.

Sedangkan Ketua Desk Pilkada DPW PKB Maluku, Malaka Yaluhun mengemukakan, pihaknya membuka ruang komunikasi dengan Balon siapapun karena soal rekomendasi itu kewenangan DPP PKB.

"Silaturahmi bagi PKB itu wajar dengan mekanisme tahapan Pilkada sesuai petunjuk teknis (Juknis) dari DPP PKB," katanya.

Sembilan Balon Gubernur brproses di DPW PKB Maluku adalah Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa, mantan anggota DPR - RI periode 1999 - 2014, Engelina Helena Pattiasina, Inspektur IV Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAMWAS) Kejagung RI, Herman A. Koedoeboen, Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Barnabas Orno, mantan Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) periode 2007 - 2017 dan Bitzael Silvester Themar.

Selain itu, petahana Gubernur Maluku, Said Assagaff, Komandan Korps Brimob, Irjen Pol. Murad Ismael, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun serta Dirjen Pembangunan Kawasan Pendesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Johozua Max Yoltuwu.

Sedangkan, Balon Wagub adalah mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT) periode 2005 - 2015, Abdullah Vanath, Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun, Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat, Mozes Rudy Timisela serta anggota DPRD Maluku asal PKB, Habiba Pellu.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017