Ternate, 22/9 (Antara Maluku) - Warga di kecamatan Hiri Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), menginginkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) rawat jalan dijadikan Puskesmas rawat inap, karena jarak antara Pulau Hiri dan kota Ternate terlalu jauh.

Salah seorang warga Hiri, Muhammad Naser di Ternate, Jumat, mengatakan, selama ini warga sakit yang butuh opname harus dibawa ke RSUD Ternate melalui jalur laut dengan mengeluarkan biaya cukup besar.

"Kami berharap Dinas Kesehatan bisa meningkatkan status puskesmas di Pulau Hiri menjadi puskesmas rawat inap, sehingga kalau ada pasien yang ingin mendapatkan penanganan medis secara intensif lebih dari satu hari bisa berobat di Puskesmas Hiri dan tidak perlu lagi ke Ternate," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan kota Ternate, Fathya Suma, ketika dikonfirmasi, menjelaskan, Puskesmas Hiri statusnya masih rawat jalan tetapi ke depan akan diupayakan menjadi rawat inap.

"Tetapi kita melihat kondisi yang ada, mungkin harus ada peningkatan sarana dari aspek pembangunan untuk menunjang dalam fungsi pelayanan. Kemudian harus ada penambahan ketenagaan untuk Puskesmas yang ada, yang kita lihat sekarang ini kita sudah didukung dengan program nusantara sehat dari Kementerian Kesehatan RI," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017