Ternate, 1/10 (Antara Maluku) - Komando Resimen (Korem) 152/Babullah Ternate menyatakan, masyarakat di seluruh kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) menghadiri kegiatan nonton bareng (Nobar) film Pengkhianatan G30S/PKI di wilayah masing-masing pada Sabtu.

Kapenrem 152/Bbl Kapten Inf Heru Darujito di Ternate, Minggu, menjelaskan, berdasarkan hasil laporan kegiatan nobar ini dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota yang juga tersebar di beberapa titik.

Hasil rekapitulasi menunjukkan tidak kurang dari 10.000 masyarakat Maluku Utara menghadiri kegiatan tersebut, yang diinisasi mayoritas oleh organisasi kemasyarakatan dengan didukung penuh instansi TNI jajaran Korem 152/Babullah.

"Dengan adanya data tersebut kita sangat berbesar hati bahwa masyarakat Maluku Utara masih setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, serta kemanunggalan TNI dan Rakyat masih sangat kuat sehingga kita siap menangkis segala ancaman baik bersifat dari dalam maupun luar yang ingin merongrong kedaulatan NKRI," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dikbud Kota Ternate, Hadi Hairuddin ketika dihubungi secara terpisah menyatakan sejumlah sekolah di Ternate terutama tingkat SMA/SMK sederajat juga menggelar Nobar film Pengkhianatan G30S/PKI di sekolah.

Bahkan, banyak juga siswa SMP yang nonton bareng di Madrasah Aliah Negeri Ternate bersama TNI.

Menurut dia, kalau memang ada batasan dari Kemendikbud untuk siswa SD dan SMP dengan alasan film itu bermuatan kekerasan yang tidak layak disaksikan anak-anak, maka akan diatur pelaksanannya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017