Ambon, 1/10 (Antara Maluku) - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Pulau Haruku, Kwarcab Maluku Tengah, Kwarda Maluku menguatkan rasa nasionalisme dan semangat patriotisme para anggotanya melalui malam refleksi peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2017, Minggu.

Dilangsungkan di aula Puskesmas Rawat Inap Pelauw, kegiatan yang dibuka oleh Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Ranting Pulau Haruku Alifnur Angkotasan itu, melibatkan 70 anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak.

Anggota Pramuka yang hadir berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan Pulau Haruku di antaranya, SMAN 2 Pulau Haruku, SMAN 4 Pulau Haruku, MA Alislah Kailolo, MA Nadil Ulum Ory, SMPN 1 Pulau Haruku, SMPN 5 Pulau Haruku, SMP Islam Alkhairiyah Ory, MTs Nurul Khasanah Pelauw dan MTs AL Islah Kailolo.

Sebagaimana malam refleksi pada umumnya, 70 anggota pramuka berseragam lengkap berkumpul dalam satu ruangan. Mereka duduk bersila membaur tanpa membeda-bedakan asal sekolah maupun tingkatan keanggotaaan.

Sebelum akhirnya lampu ruangan dipadamkan, para penggalang dan penegak itu membakar sebatang lilin dan meletakannya di hadapan masing-masing.

Dalam temaram dan diam, mereka menunduk dan merenungkan kembali nilai-nilai moral kebangsaan dan semangat patriotisme yang terkandung dalam Pancasila, yang juga sejalan dengan Kode Kehormatan Pramuka.

Di tengah-tengah jalannya refleksi, Sekretaris Pramuka Ranting Pulau Haruku Arjun Latuconsina kemudian membacakan sinopsis tentang cinta dan nilai-nilai Pancasila.

Pembacaan sinopsis yang menggambarkan mengenai pentingnya pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu, semakin menambah syahdu peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Di akhir renungan, seluruh anggota Pramuka, tak terkecuali para pengurus Kwartir Ranting Pulau Haruku yang hadir mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjuang hingga tercapainya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mereka juga mendoakan keutuhan dan kemajuan bangsa. Mereka berharap persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga selama-lamanya.

Selain malam renungan, sebelumnya Pramuka Kwartir Ranting Pulau Haruku juga menggelar lomba pembacaaan teks Pancasila yang diikuti oleh perwakilan anggota Gerakan Pramuka dari tiap-tiap sekolah di Kecamatan Pulau Haruku.

Sekretaris Pramuka Ranting Pulau Haruku Arjun Latuconsina mengatakan Pramuka dalam salah satu tugas pokoknya adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan dalam bentuk kegiatan yang sehat, menarik, terarah, terencana, dan di alam terbuka.

Kegiatan kepramukaan hendaknya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan, karena sasaran kepramukaan di Indonesia adalah mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa pancasila, dan disiplin.

Selain itu, juga sehat mental, moral dan fisiknya, berjiwa patriot, berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggung jawab, peduli, dan berkomitmen pada Kode Kehormatan Pramuka.

"Kami melaksanakan kegiatan ini agar lebih memberikan gambaran tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila, menanamkan jiwa nasionalis dan patriotisme yang tercermin dalam Dasa Darma Pramuka, agar mereka lebih berpikir positif demi terwujudnya generasi muda bangsa memiliki pegangan diri dan bermartabat," ucap Arjun.

Talib Marasebessy, anggota Pramuka dari SMAN 2 Pulau Haruku mengaku meski baru pertama kali mengikuti malam refleksi Pancasila, ia menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya dan teman-teman merasa bangga dan terharu. Pancasila adalah dasar NKRI dan lambang negara yang tidak bisa tergantikan oleh apapun juga, kami sebagai generasi muda akan selalu siap mendukungnya," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017