Saumlaki, 17/10 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekokraf) kembali menggelar Sail Darwin-Saumlaki (Darwin-Saumlaki Yacht Race 2017), setelah dua tahun terakhir kegiatan berbasis wisata bahari itu tidak dilaksanakan.

Kepala Disparekokraf MTB Mynrik Batlolona di Saumlaki, Selasa, menyatakan Sail Darwin-Saumlaki tahun ini dilaksanakan satu paket dengan kegiatan lain dalam program "Pesona Tanimbar", yakni Gebyar Wisata dan Budaya Tanimbar yang telah dilaksanakan pekan lalu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) MTB ke-18, dan Pesta Teluk yang puncaknya akan digelar pada Kamis mendatang (19/10).

"Sail Darwin-Saumlaki ini merupakan inisiatif dari para yachter di Darwin, yang meminta kami untuk menggelar kembali kegiatan tersebut. Karena bupati merestui, maka dilaksanakan saat ini," katanya.

Mynrik mengungkapkan, rencana awal ada 10 perahu layar yang mengikuti Sail Darwin Saumlaki 2017. Namun ada kendala teknis sehingga hanya lima perahu layar yang telah berlayar dari Darwin menuju Saumlaki.

Hingga Selasa sore, sudah empat perahu layar yang tiba dan berlabuh di perairan teluk Saumlaki, yakni Perahu Vitamen B dengan nakhoda Steve Winspear beserta dua orang ABK yakni Clancy dan Francis, perahu Church key dengan nahkoda Michael bersama ABK Tom Screffigas, perahu Morakat dengan nahkoda Wayne Lisle Bateman bersama tiga orang ABK yakni Murray, Nicoulas, Wirrman Gay, perahu Kuching dengan nahkoda Nigel Bruce bersama empat orang ABK yakni Mary, Brendan, Roy, Elizabeth, sementara perahu dengan nama Avango yang berawak lima orang masih dalam pelayaran menuju Saumlaki.

"Selama di Saumlaki, para yachter akan diajak menghadiri sejumlah kegiatan seperti Pesta Teluk Saumlaki dengan sejumlah lomba seperti lomba volley pantai, lomba perahu layar dan perahu kole-kole yang bertempat di Matakus, dan Fashion Show Pesona Tenun Tanimbar.

Mynrik menambahkan, lomba volley pantai tersebut melibatkan hampir 100 klub yang berasal dari dalam dan luar daerah MTB.

Dia memastikan kegiatan itu dikemas secara baik dan memberikan kesan yang baik bagi para yachter, sehingga pada tahun-tahun mendatang peserta Sail Darwin-Saumlaki semakin bertambah.

Empat perahu layar yang sudah tiba di Saumlaki mengikuti proses pengamanan, pengawalan dan penyambutan oleh sejumlah pihak seperti TNI AL Pangkalan Saumlaki yang menugaskan KAL Nustual dan dua Tim EFQR yang terdiri dari tim Alfa atau tim Layang satu dan Tim bravo atau tim Layang dua.

Masing-masing tim itu beranggotakan empat personel termasuk motoris PK yang melakukan penyambutan dan pengawalan serta patroli di sekitaran tempat perahu-perahu layar berlabuh.

Sementara pengamanan di darat terdiri dari tim Custom, Imigrasi dan Karantina.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017