Ternate, 19/10 (Antara Maluku) - Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 1505/Tidore memberikan bantuan bubu, alat untuk menangkap ikan, dan penyuluhan tentang program Emas Biru atau pemberdayaan potensi perikanan dengan pendekatan budi daya kepada masyarakat di Desa Gita.

Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing melalui siaran pers yang diterima Antara, Kamis, mengatakan, bantuan dan penyuluhan serta pelatihan itu merupakan bagian dari sasaran non fisik TMMD.

Ia menjelaskan, Maluku Utara memiliki Sumber Daya Alam yang sangat melimpah khususnya di sektor perikanan, sehingga sangat dimungkinkan untuk masyarakat Desa Gita melakukan penangkapan ikan dengan tidak merusak habitat laut dan tidak merusak kekayaan alam.

"Masih banyak cara yang lebih baik, di antaranya dengan menggunakan alat tangkap ikan ramah lingkungan (Bubu). Karena itu Kodim memberikan bantuan alat tangkap ikan yang diperuntukkan kepada kelompok nelayan setempat," katanya.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Kantor Desa Gita dan terlihat masyarakat sangat senang mendapat bantuan alat untuk menangkap ikan.

Menurut Dandim, kelompok nelayan yang mendapat bantuan dan penyuluhan seperti tidak sabar untuk mempraktikkan di lapangan, karena selama ini hanya mendengar dari mulut ke mulut bahwa tehnik tersebut sangat optimal dan bermanfaat sekali.

Kepala Desa Gita dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memberikan bantuan bubu dan penyuluhan tentang Emas Biru sebagai program unggulan Kodam XVI/Pattimura.

Usai kegiatan, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing selaku Dansatgas mengatakan bantuan dan penyuluhan tentang Emas Biru tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat setempat.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017