Ambon, 21/10 (Antara Maluku) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku bersama Lembaga Jasa  Keuangan Asuransi dan Penjaminan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FKLJKD) Provinsi Maluku merayakan Hari Asuransi (Insurance Day) 2017 di Pantai Suli, Maluku Tengah (Malteng), Sabtu.

Ketua Panitia Hari Asuransi 2017 Provinsi Maluku, Ramadansyah, yang juga Kepala Asuransi Jiwasraya Ambon, mengatakan Hari Asuransi diperingati setiap tahun pada 18 Oktober. Peringatan tahun ini dengan
tema, "Indonesia Berasuransi" dengan sub tema "Meningkatkan Pemahaman Asuransi".

"Tema ini khusus untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonsia, khususnya di Maluku," kata
Ramadansyah.

Ia mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Asuransi ini ada sejumlah kegiatan yang digelar mulai tanggal 16-18 Oktober 2017, di antaranya olah raga dan sosialisasi literasi keuangan di sejumlah sekolah di Kota Ambon, khususnya tingkat SMA atau sederajat.

"Untuk kegiatan sosialisasi literasi keuangan di sejumlah SMA di Kota Ambon, dilakukan oleh 23 perusahaan asuransi dan penjaminan yang diikuti kurang lebih 1.500 pelajar," ungkapnya.

Ramadansyah menjelaskan tujuan melakukan sosialisasi literasi keuangan di sekolah-sekolah bertujuan memperkenalkan dunia asuransi kepada para siswa/siswi maupun guru, sehingga dapat memahami manfaat
berasuransi.

"Kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh OJK merupakan salah satu teknik atau cara kita memperkenalkan asuransi kepada masyarakat terutama kepada para siswa/siswi di tingkat SMA, selain masing-masing perusahaan asuransi melakukannya sendiri," ujarnya.



Perayaan Hari Asuransi 2017 di Pantai Suli, dimeriahkan dengan tarian poco-poco serta lomba lari bakiak, tarik tambang, dan undian berhadiah.



Ketua Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FKLJKD) Provinsi Maluku, Marganti Sitinjak yang juga Kepala PT Jasa Raharja Cabang Maluku mengatakan, forum asuransi dibentuk untuk menjadi wadah diskusi bagaimana memperkenalkan dunia asuransi secara luas kepada masyarakat.

"Pada saat ini kami tidak memperkenalkan produk kami masing-masing tetapi yang kami lakukan saat ini, bagaimana dunia asuransi bisa dikenal secara luas di masyarakat," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini juga dalam rangka mengingatkan masyarakat maupun sesama anggota bahwa berasuransi sangat penting untuk menjaga keuangan di masa depan.

"Salah satu untuk menjaga keuangan kita di masa depan adalah berasuransi dan menabung. Kita berusaha mengedukasi masyarakat dengan cara literasi keuangan," kata Marganti.

Karena itu, panitia mengemas berbagai acara dan salah satunya melakukan sosialisasi literasi keuangan di sekolah-sekolah yang dipimpin oleh Ketua OJK Maluku Bambang Hermanto, sebagai pihak yang mengawasi asuransi dan penjaminan.

Menurut dia, potensi asuransi di Maluku khususnya di Ambon, cukup bagus, hanya saja masih ada orang yang menganggap bahwa asuransi itu hal-hal yang masih tabu atau belum mengerti tentang asuransi.

"Tetapi dengan sejumlah kegiatan yang dilakukan, maka ke depan masyarakat di daerah ini peduli terhadap asuransi. Inilah harapan kami sebagai Ketua Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah,
Provinsi Maluku," ujar Marganti.

Pewarta: Rofinus E. Kumpuil

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017