Ternate, 13/11 (Antara Maluku) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendorong para pelaku usaha ekonomi kreatif setempat berinovasi menghasilkan produk berbahan rempah, untuk mendukung daerah ini sebagai destinasi wisata rempah.

"Kita harapkan nantinya wisatawan yang datang ke Ternate tidak hanya tertarik karena objek wisata rempah yang dimiliki, tetapi juga karena produk ekonomi kreatif berbahan rempah yang dihasilkan," kata Kepala Disbudpar Ternate, Salmin Marsaoly di Ternate, Minggu.

Oleh karena itu, para pelaku usaha ekonomi kreatif di Ternate diharapkan tidak hanya fokus menghasilkan produk berbahan rempah yang sudah ada selama ini, seperti sirup pala, selai pala, minyak cengkih dan kopi rempah, tetapi juga harus terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk baru.

Menurut dia, banyak produk ekonomi kreatif berbahan rempah, baik berupa kuliner maupun kerajinan yang bisa dihasilkan, seperti kerajinan batik dengan manfaatkan pewarna dari cengkih atau jenis rempah lainnya, yang dipastikan akan banyak diminati wisatawan.

Dalam menghasilkan produk ekonomi kreaktif berbahan rempah, yang harus diperhatikan pelaku usaha di antaranya mengenai kualitas, desain dan lebih menonjolkan nilai kearifan lokal, karena wisatawan biasanya menyukai produk seperti itu.

Khusus untuk produk ekonomi kreatif dalam bentuk kuliner, kata Salmin Marsaoly, yang harus pula menjadi perhatian dari pelaku usaha adalah faktor cita rasa, kualitas bahan baku, kemasan dan adanya jaminan keamanan produk, berupa izin dari instansi terkait, seperti BPOM dan Dinas Kesehatan.

Kalangan perguruan tinggi di Malut diharapkan ikut berperan dalam pengembangan produk ekonomi kreatif berbahan rempah dengan cara melakukan kajian dan penelitian misalnya pengolahan cengkih atau pala menjadi obat penyakit tertentu.

Ia menambahkan dalam sejarah Ternate selain menjadi jalur sutra perdagangan rempah, juga menjadi pusat penghasil rempah dunia, oleh karena itu melalui program pengembangan Ternate sebagai destinasi wisata rempah diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017