Ternate, 22/11 (Antara Maluku) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut), menggandeng warga Kota Tidore Kepulauan, menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Malut.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim di Ternate, Rabu, menyatakan, program BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah yang sangat bermanfaat sehingga wajib diikuti.

Oleh karena itu, melalui BPJS Ketenagakerjaan seluruh tenaga kerja seperti nelayan, petani, pekebun dan perangkat desa akan mendapat perlindungan ketika bekerja meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Untuk itu, Wali Kota meminta agar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Abdulrahman Abdullah untuk mendata perusahaan-perusahaan di Tidore Kepulauan yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar wajib mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan serta meminta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate untuk melakukuan sosialisasi massif program BPJS Ketenagakerjaan kepada para petani-petani di seluruh desa di Tidore Kepulauan.

Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan, untuk bekerja sama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa, agar lebih memahami manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan yang menghadirkan beberapa Pimpinan SKPD, Perangkat Desa dan seluruh warga Desa Tadupi tersebut dibuka oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Hi. Ali Ibrahim, M.H didampingi oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, Ghazali Dachlan.

Sehingga, para petani yang ada di Tidore Kepulauan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk program tenaga kerja mandiri (Bukan Penerima Upah).

Peluncuran Desa Sadar Jaminan Sosial dibuka dengan Tari soya-soya, sebagai sambutan kepada pejabat pemerintah, dan penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan perangkat desa, BUMDes, nelayan dan pekebun.

Launching Gerakan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ditandai dengan penandatanganan MoU Kepala Desa Tadupi Iwan Hi. Badar dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate Ghazali Dachlan tentang Penetapan Desa Tadupi sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017