Ternate, 2/12 (Antara Maluku) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan melibatkan Putri Pariwisata Indonesia 2017, Astari Indah Vernideani untuk membantu mempromosikan potensi pariwisata Ternate.

"Putri Pariwisata Indonesia memiliki jaringan yang luas, baik di dalam maupun luar negeri, sehingga sangat efektif untuk membantu mempromosikan potensi pariwisata Ternate," kata Kepala Disbudpar Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Sabtu.

Oleh karena itu, Putri Pariwisata Indonesia yang kini berada di Ternate akan diberi informasi dan data mengenai potensi pariwisata Ternate secara lengkap untuk dipromosikan melalui semua jaringan yang dimilikinya setelah kembali ke Jakarta.

Menurut Samin Marsaoly, kalau potensi pariwisata Ternate semakin dikenal luas, baik di dalam maupun luar negeri, dipastikan jumlah kunjungan wisatawan ke Ternate akan semakin meningkat, untuk wisatawan mancanegara misalnya, yang selama ini masih di bawah angka lima ribu orang per tahun bisa meningkat sampai di atas 20 ribu orang per tahun.

Objek wisata di Ternate yang sangat potensial bisa menarik minat kunjungan wisatawan, di antaranya objek wisata budaya, benteng peninggalan kolonial serta objek wisata bahari dan panorama alam, di samping sejumlah festival pariwisata yang digelar setiap tahun.

Sementara itu, Putri Pariwisata Indonesia, Astari Indah Vernideani mengakui keindahan dan kekhasan objek wisata di Ternate dan menjadi tanggung jawabnya sebagai Putri Pariwisata Indonesia untuk membantu mempromosikannya.

Putri Pariwisata Indonesia itu berada di Ternate untuk menghadiri Festival Kora-Kora, salah satu kegiatan tahunan yang digelar Disbudpar Ternate untuk mengangkat kembali kearifan lokal Ternate di bidang kebaharian, seperti perahu kora-kora yang merupakan perahu tradisional daerah ini.

Festival yang tahun ini merupakan ketujuh kalinya digelar itu, menampilkan 12 kegiatan, di antaranya parade perahu hias kora-kora, lomba dayung kora-kora, lomba perahu layar, lomba dayung perahu kano dan lomba mancing serta atraksi budaya dan kesenian tradisional.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017