Saumlaki, 19/12 (Antara Maluku) - Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) menggelar pasar murah untuk membantu warga masyarakat di daerah itu dalam menyongsong hari raya Natal 2017 dan Tahun baru 2018.

Pantauan Antara, Selasa, pasar murah yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Saumlaki tersebut diawali dengan kegiatan jalan santai yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab MTB, dari lokasi pelabuhan kapal ferry dan berakhir di depan lokasi pasar murah.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Bupati Petrus Fatlolon, Kapolres MTB, AKBP. Raymundus Andhi Hedianto), Dandim 1507/Saumlaki, Letkol. Inf. Ryan Heryawan, Dan Satradar 245/Nifmasbulur, Mayor Lek Hera Himawan Hadi Nugroho, Kasdim 1507/Saumlaki, Wadan Yonif 734/SNS.

Selain itu, Pelaksana Lanal Saumlaki, para Asisten Setda MTB, para Staf Ahli Bupati, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),rohaniawan, Personil TNI dan Polri, perwakilan Instansi vertical, Anggota Persit Pia Ardia Garini Satrad 245/Nifmasbulur dan Anggota Persit Jalasenatri Cabang 3 Korcab IX Lanal Saumlaki.

Setelah Senam Bersama di depan gedung kesenian Saumlaki, kegiatan dilanjutkan dengan upacara pembukaan kegiatan pasar sembako murah dengan tema "Dengan Semangat Menyambut Natal dan Tahun Baru 2018, Kita Jalin Kerjasama Antara Pemerintah Daerah dan TNI/Polri Serta Seluruh Komponen Masyarakat MTB".

"Pasar Murah merupakan salah satu bentuk operasi pasar yang dilakukan dalam rangka menstabilkan ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat, terutama menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2018? kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten MTB, Paulus Pattikawa.

Ia menyatakan pihaknya telah menyediakan subsidi anggaran untuk kegiatan itu sehingga ketersediaan dan harga sembako tetap terjaga. Pasar murah itu dilaksanakan dengan sistem penjualan paket, dimana per paket disubsidi oleh Pemkab dengan anggaran senilai Rp65.000.

Paket yang disediakan harganya Rp181.000, berisi 5 kg beras premium, 5 kg tepung terigu, 3 kg gula pasir, 2 botol minyak goreng ukuran 600 ml, 2 kaleng susu kental manis, 1 botol sirup ABC, dan 1 rak telur ayam.

"Selain bahan-bahan yang disebutkan tadi, dijual juga bahan kebutuhan pokok yang lain seperti minyak tanah yang disediakan oleh Pertamina TBM Saumlaki dengan harga per liter Rp.3.000, serta kebutuhan lain yang disediakan oleh para pengusaha di kota Saumlaki yang ikut berpartisipasi," katanya.

Bupati Petrus Fatlolon menyatakan pasar sembako murah itu merupakan bentuk perhatian Pemda MTB bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka memastikan adanya ketersediaan Sembako, sekaligus menjaga kestabilan harga di pasar menyongsong Natal dan Tahun Baru.

"Pasar sembako murah ini bukan hanya dilaksanakan di Saumlaki saja, tetapi juga dilaksanakan di kota Larat, kecamatan Tanimbar Utara pada Hari Kamis nanti," katanya.

Bupati berharap kegiatan pasar sembako murah itu dapat menjawab kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan akan Sembako menjelang Natal dan Tahun Baru.

Penyerahan paket Sembako murah dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat oleh Bupati dan Forkopimda, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pasar murah yang diawali dengan pengguntingan pita.

Acara itu dimeriahkan oleh band gabungan personil TNI AL dari Pangkalan TNI AL Saumlaki dan TNI AU dari Satuan Radar 245/Nifmasbulur.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017