Ternate, 19/12 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba mengaku optimististis bisa maju pada pilkada Malut 2018, walaupun PKS dan PAN telah mencabut rekomendasi dukungan untuk dirinya.

"Saya optimistis untuk bisa maju karena saya sudah melakukan lobi ke sejumlah parpol seperti PDIP, Gerindra, PKB dan Demokrat yang saat ini belum menentukan calon," katanya di Ternate, Selasa.

Dia menyatakan, meskipun PKS-PAN telah mengalihkan dukungan ke pasangan Muhammad Kasuba-Madjid Husen, tetapi dengan adanya sejumlah parpol yang belum menyatakan sikap mendukung pasangan tertentu, otomatis memberikan harapannya untuk maju di pilkada.

Kendati demikian, dirinya tidak akan gentar meskipun pasangan lain Muhammad Kasuba yang juga adik kandungnya tetap maju menggunakan PKS-PAN di pilkada.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan dukungan, Abdul Gani Kasuba setelah menjalankan tugas-tugasnya langsung kembali ke Jakarta untuk melobi berbagai parpol guna diusung di pilkada nanti.

Gani Kasuba juga menyatakan telah melakukan lobi ke Partai Golkar, walaupun partai itu telah menetapkan Ahmad Hidayat Mus sebagai calon gubernur yang diusung pada pilkada Malut 2018.

Sebelumnya, sejumlah parpol memberikan dukungannya untuk pasangan bakal calon Muhammad Kasuba/Madjid Husen untuk ikut bertarung dalam pilkada Malut yang berlangsung 2018 mendatang.

Ketua DPW Malut Madjid Husen ketika dihubungi terpisah menyatakan, saat ini, PKS bersama PAN telah resmi usung Pasangan Muhammad Kasuba/Madjid Husen untuk maju di pilkada Malut,? Ketua DPW Malut Madjid Husen di Ternate, Minggu.

Menurut dia, koalisi PKS dan PAN ini harus berkoalisi dengan parpol lainnya, karena PKS dengan 5 kursi bersama PAN 3 kursi harus mendapat minimal 1 kursi untuk memenuhi syarat bisa dicalonkan dalam pilkada Malut.

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan komunikasi intensif dengan Partai Gerindra yang memiliki 3 kursi di DPRD Malut, sehingga kalau terealisasi, maka pasangan ini dipastikan bisa melenggang mulus maju di pilkada nanti.

DPP PKS sebelumnya telah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan Abdul Gani Kasuba/Madjid Husen, tetapi karena Abdul Gani Kasuba menolak rekomendasi, maka Korwil DPP PKS wilayah Malut Muhammad Kasuba langsung dipaketkan dengan Madjid Husen untuk bersama-sama maju di pilkada.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017