Langgur, 27/12 (Antaranews Maluku) - Bupati Maluku Tenggara (Malra), Anderias Rentanubun menyatakan, beroperasinya maskapai Sriwijaya Air di Maluku Tenggara dan Kota Tual membuka peluang pasar bagi kedua daerah tersebut.

"Penerbangan pesawat berbadan lebar atau boeing Sriwijaya Air sangat dinantikan, karena tentu akan membuka arus penumpang maupun barang dari maupun keluar Maluku Tenggara," kata Anderias ketika menghadiri Inaugural Flight Sriwijaya Air di Bandara Karel Sadsuitubun Maluku Tenggara, Rabu.

Ia menjelaskan, terbukanya peluang pasar yang dimaksud yakni komoditi unggulan Malra dan Kota Tual seperti perikanan, pariwisata, dan rumput laut dapat tersalur dengan adanya penerbangan langsung ke Makassar dan lanjut ke Jakarta maupun ke daerah lain.

"Ini jelas membuka peluang pasar bagi Maluku Tenggara dan Kota Tual," katanya.

Anderias mengapresiasi kebijakan Sriwijaya Air membuka rute penerbangan dari Makassar, Sulawesi Selatan menuju Langgur, dan Kementerian Perhubungan atas kerja keras dan perhatiannya ke dua daerah otonom yakni Kota Tual dan Kabupaten Malra.

"Mudah-mudahan kerja sama ini bisa terus ditingkatkan. Pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara sangat membutuhkan, semoga ke depan tidak tiga kali penerbangan selama seminggu namun dapat ditingkatkan," kata bupati.

Ia menambahkan, Pemda akan membangun kerja sama sehingga Pegawai Pemkab Malra bila mengikuti kegiatan di luar daerah dapat memanfaatkan maskapai Sriwijaya Air.

Direktur Operasional Maskapai Sriwijaya Air, Lalu M Syakir mengatakan, sangat jarang Inaugural Flight bisa dilakukan dengan sangat cepat.

"Prosesnya sangat singkat, hanya satu bulan lebih dan bisa dilaksanakan hari. Semua ini dapat terjadi karena dukungan semua pihak terutama Bupati Malra, Muspida, pihak Bandara, Danlanud, Direktorat Pengoperasian Pesawat Udara, Direktorat Bandar Udara, Direktorat Navigasi Penerbangan," katanya.

Ia lebih jauh menyatakan, selain sebagai angkutan transportasi komersil, Sriwijaya Air juga berkomitmen membantu Kabupaten Malra dan Kota Tual mempromosikan kekayaan alam daerah.

"Dengan semua dukungan, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat pengguna jasa transportasi udara," kata Lalu.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017