Ambon, 10/1 (Antaranews Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar Apel Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak Juni 2018 di Maluku dan Maluku Utara, bertempat di Lapangan Upacara Makodam, di kota Ambon, Selasa.

Siaran pers Penerangan Kodam Pattimura yang diterima Antara menyebutkan, Pangdam Mayjen TNI Suko Pranoto selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan, Pilkada serentak di Wilayah Kodam XVI/Pattimura terdapat di empat daerah, yakni Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Terkait dengan itu, potensi konflik dan gesekan di masyarakat akan semakin meningkat serta suhu politik cenderung semakin tinggi hingga hari menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

"Untuk itu, saya perintahkan agar seluruh jajaran Kodam XVI/Pattimura tetap mewaspadai setiap perkembangan situasi wilayahnya. Apabila ada indikasi ancaman, gangguan dan kerawanan terhadap keamanan pelaksanaan Pilkada agar melakukan antisipasi segala kemungkinan terburuk. Rangkul tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta laksanakan sinergi dengan cara mem-back up tugas Polri dalam pengamanan sesuai prosedur," katanya.

Pangdam Suko lebih lanjut mengatakan, hal yang lebih penting dalam Pilkada adalah netralitas TNI, karena saat seperti inilah komitmen netralitas TNI akan diuji. Bila ada indikasi prajurit Kodam XVI/Pattimura yang tidak netral, maka harus segera dilaporkan untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Dalam pelaksanaan Pilkada serentak, saya mengharapkan agar peserta apel sekalian agar tetap menjaga kekompakan dan solid, serta senantiasa menjalin hubungan dan kerja sama dengan unsur terkait dan sesama aparat keamanan lainnya secara harmonis dan terpadu. Bertindaklah secara rasional, profesional dan proporsional serta senantiasa dilandasi disiplin yang tinggi," kata Pangdam.

Pewarta: Jimmi Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018