Ternate, 11/1 (Antaranews Maluku) - Kepala Staf Korem 152/Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), Letkol Inf Sigit Purwanto, dipercaya menjalankan misi luar negeri pasukan perdamaian di bawah naungan bendera PBB.

"Letkol Inf Sigit akan tergabung dalam United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) sebagai Komandan Satgas CIMIC (Civil-Military Cooperation)," kata Ws Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, CIMIC adalah unit yang langsung berada di bawah kendali Force Commander (Panglima) UNIFIL dan merupakan sebuah organisasi UN maupun NATO yang memiliki tugas menyerupai kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat.

Kegiatan itu mengedepankan sinergitas militer dan sipil dalam meningkatkan keamanan wilayah serta menjalankan tugas-tugas terkait Civil-Military Cooperation.

Menurut Kapenrem, secara garis besar CIMIC memiliki tugas untuk melaksanakan koordinasi dan komunikasi antara UNIFIL dengan Lebanese Armed Forces, Pemerintahan Lebanon, Lembaga Non Pemerintah/NGO/LSM serta masyarakat lokal.

Pengumpulan data wilayah dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas UNIFIL melalui assessment dan evaluasi terhadap proyek pendampingan bagi masyarakat local serta memberikan pelatihan tentang CIMIC terhadap seluruh satuan UNIFIL (2 Sektor/Brigade dan 10 Battalion).

Dia menambahkan, CIMIC UNIFIL juga merupakan unit gabungan, dimana Deputi/wakil dan sebagian anggota berasal dari Italia sehingga hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk dapat melaksanakan tugas secara optimal dan sinergis dengan personel yang memiliki latar belakang sosial budaya yang berbeda.

Heru mengakui, keluarga besar Korem 152/Babullah turut bangga atas prestasi dan kepercayaan yang diberikan negara kepada Kasrem untuk melaksanakan tugas luar negeri dan menjadi bagian dari Pasukan Garuda yang mengemban misi perdamaian dibawah bendera PBB, semoga dapat menjalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya dan membawa nama harum bangsa Indonesia di mata Internasional.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018