Ambon, 16/1 (Antaranews Maluku) - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy akan mengikuti program "Economic Leadership for Regional Government Leader" yang diadakan oleh Bank Indonesia Institute.

Program pembelajaran "Economic Leadership for Regional Government Leader" dalam rangka peningkatan kapasitas kepemimpinan Pemerintah Kota akan dilaksanakan di kampus Bank Indonesia Institute pada 17-19 Januari 2018, kata Kepala Bagian Pemerintahan Kota Ambon, Steven Dominggus, Selasa.

"Wali Kota Ambon akan mengikuti program yang dilaksanakan atas kerjasama antara Bank Indonesia (BI) dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi)," katanya.

Ia mengatakan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kecerdasan sumber daya manusia yang sejalan dengan visi untuk membentuk pemimpin masa depan bangsa.

Selain itu memperkaya dan mengembangkan pola pikir kepemimpinan yang memiliki visi dan pemikiran strategis, dalam meningkatkan daya saing perkotaan melalui terobosan ekonomi dan pembaruan signifikan yang berwawasan kebangsaan.

"Program pembelajaran ini diperuntukan bagi para wali kota, wakil wali kota, bupati atau wakil bupati, pimpinan DPRD kota, kepala kepolisian daerah dan pimpinan Bank Indonesia di daerah," ujarnya.

Steven menjelaskan, para kepala daerah akan diberikan modul-modul pendidikan Economic Leadership for Regional Government Leader telah dirancang secara khusus sesuai dengan tujuan program yaitu membantu para pemimpin daerah melakukan terobosan-terobosan yang membawa pembaruan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran di daerahnya masing-masing.

Lebih jauh lagi melalui program ini dapat mendukung, mendorong dan mensukseskan kepala daerah di seluruh Indonesia, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi regional.

Ia menambahkan, dalam pelatihan ini wali kota Ambon juga akan memaparkan materi inovasi sesuai dengan bidang tugas di pemerintah kota.

"Pak wali sesuai rencana akan memaparkan beberapa skema program pemberdayaan ekonomi di kota Ambon," tandasnya. 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018