Ambon, 31/1 (Antaranews Maluku) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan rute baru Ambon, Maluku - Bau-Bau, Sulawesi Tenggara pada 7 Maret 2018.

"Kami sesuai jadwal membuka rute Ambon - Bau - Bau pada 7 Maret 2018, setelah mendapat keputusan manajeman dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub terkait kelayakannya," kata Manager Sales dan Marketing Garuda Indonesia Cabang Ambon, Agny Gallus Pratama, di Ambon, Rabu.

Penerbangan Ambon - Bau-Bau dilayani dua kali dalam satu pekan yakni Rabu dan Minggu menggunakan armada ATR berkapasitas 70 penumpang.

Penerbangan dari Bandara internasional Pattimura Ambon - Bau-Bau dimulai pukul 11.55 WIT dan tiba di Bandara Betoambari, pukul 12.45 WITA.

"Dengan dibukanya rute penerbangan langsung Ambon - Bau-Bau, diharapkan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan berkunjung sana maupun memudahkan warga Bau-Bau pulang ke kampung halaman," ujar Agny.

Dia mengemukakan, pembukaan rute baru ini merupakan upaya pemerintah provinsi serta panyububan masyarakat Sulawesi Tenggara di Maluku.

"Kami saat ini baru bisa mewujudkan pembukaan rute tersebut dua kali satu pekan dulu. Kedepan akan melihat potensi, jika menjanjikan maka penerbangan setiap hari," kata Agny.

Ia mengakui, beroperasinya penerbangan tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memaksimalkan konektivitas udara bagi potensi wisata nasional di Sulawesi Tenggara khususnya Wakatobi yang merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional.

Rute Bau-Bau penumpang dapat melanjutkan perjalanan ke Wakatobi terlebih bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut, mengingat Wakatobi terkenal dengan "Spot diving yang tersebar luas.

Dia mengemukakan, penerbangan perdana ini pihaknya akan mengundang Pemprov Maluku untuk melakukan kunjungan ke Bau-Bau. Selanjutnya Pemprov Sulawesi Tenggara juga dipastikan akan melakukan kunjungan ke Maluku.

"Masyarakat yang akan melakukan penerbangan ke Bau-Bau dapat memesan tiket karena telah dilakukan penjualan di kantor Garuda, travel agen maupun secara online Traveloka dan sejenisnya," tandas Agny.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018