Saumlaki, 12/3 (Antaranews Maluku) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) melalui anak perusahaan PT Sarana Bandar Indotrading mengoperasikan Gerai Rumah Kita di Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Program tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah MTB yakni PT Kalwedo Kidabela, kata Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni, Hari Budiharto dalam sambutannya pada peresmian "Gerai Rumah Kita" di Pasar Omele Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Senin.

Ia menyatakan program tersebut merupakan implementasi konsep dan tindak lanjut tol laut gagasan Presiden Jokowi.

"Idenya dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan menyinergikan BUMN, PT Pelni, Pelindo, RNI, Bulog, PPI, dan lainnya untuk bersama-sama membantu menurunkan harga di rute tol laut," katanya.

Hari menjelaskan, Pelni mendapatkan penugasan membantu pemerintah dan masyarakat, terutama di daerah 3TP (Terpencil, Terluar, Terisolasi dan Perbatasan. Sejak program tol laut akhir 2015, kali ini baru diresmikan.

"Mudah-mudahan tidak terlambat tetapi menjadi penyejuk supaya harga dan disparitas harga barang di daerah 3TP menjadi relatif tidak terlalu besar dengan sumber barang yang ada di Pulau jawa," katanya.

Pelni, lanjutnya, ditugaskan untuk membuka Gerai Rumah Kita di empat daerah yakni Timika, Manokwari, Morotai, dan Saumlaki. Tujuannya sesuai dengan program Tol Laut yaitu menjaga ketersediaan stok dan menekan disparitas harga barang pokok dan penting bagi masyarakat.

Gerai Rumah Kita di Saumlaki berlokasi di area pasar Omele Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan akan berfungsi sebagai sentra distribusi barang kebutuhan masyarakat dan melayani kebutuhan masyarakat baik yang berbelanja secara ritel (eceran), maupun secara grosir.

Berbagai kebutuhan masyarakat yang disediakan mulai dari beras, ayam beku, tepung, sabun, shampoo, bahkan sampai kebutuhan kebutuhan bahan untuk pembangunan.

"Kami juga berharap Gerai Rumah Kita ini dijadikan juga sebagai tempat pemasaran produk-produk dari daerah ini sehingga kemudahan untuk mendapatkan harga yang lebih bagus lewat beberapa jalur mungkin bisa dimanfaatkan," katanya.

Hari menambahkan, Pelni juga akan memasok beras dari Merauke dan dipastikan tiba hari Selasa mendatang. Hal ini untuk membantu Pemkab MTB dalam mengatasi kelangkaan beras yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah itu.

Sinergi antara Pelni dan BUMD Kalwedo Kidabela dipastikan akan menyejahterahkan semua pihak, karena BUMD itu sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah daerah MTB sangat memahami kebutuhan daerah yang perlu dipasok dari Surabaya.

"Mudah-mudahan sinergi dengan semua pihak seperti ini membuat Negara kita semakin kuat, makin sama dan semakin tidak ada perbedaan," katanya.
Wakil Bupati MTB, Agustinus Utuwally memberikan sambutan pada acara peresmian gerai logistik Rumah Kita di Kota Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, Senin (12/3) (Simon Lolonlun)

Pengoperasian Gerai Rumah Kita di Saumlaki ditandai pemukulan tifa dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati MTB, Agustinus Utuwaly, disaksikan oleh Sejumlah Pimpinan SKPD dan instansi vertikal di Saumlaki.

Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan doa dan pemberkatan gedung oleh Pastor Dedy Fatlolon,Pr.

"Ini merupakan sebuah momentum yang sangat berharga bagi pemerintah dan masyarakat di Kabupaten MTB ditengah tantangan pembangunan ekonomi daerah yang beranjak membaik di tengah tingginya angka kemiskinan masyarakat dan di tengah maraknya praktik monopoli perdagangan oleh kelompok kapitalis di negara ini," kata Wabup Agustinus.

Ia berharap kehadiran Gerai Rumah Kita menjadi sebuah alternatif yang baik bagi masyarakat untuk dapat menikmati program Tol Laut, karena hampir memasuki tahun ke-3 pelaksanaannya, Tol Laut hanya dinikmati oleh para pedagang baik distributor/sub distributor maupun pengecer dan sama sekali belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah itu.

"Saya berharap program ini terus ditingkatkan hingga ke desa-desa untuk segera mengakhiri praktik monopoli di negeri ini sehingga tercipta persaingan usaha yang sehat dan berkeadilan sosial," katanya.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018